Dibekuk, Spesialis Pencuri Laptop

MALANG - Waspadalah dengan teman sesama penghuni kost yang baru dikenal. Sebab, bisa jadi mencuri harta anda, seperti yang dilakukan NS alias Ambon penghuni rumah kost di Jalan Parangtritis Kota Malang. Pemuda berumur 22 tahun ini, spesialis pencuri laptop di rumah kost.
Namun sepak terjang Ambon akhirnya berakhir pada 1 Oktober 2013 lalu. Dia tertangkap basah mencuri laptop milik teman satu kostnya. Rencananya hendak dijual ke kawasan Rombeng Malam (Roma) seharga Rp 1,3 juta sampai dengan Rp 1,5 juta.“Untuk uang makan, karena saya selama ini menganggur,” aku Ambon ketika diinterogasi Polisi di Polres Malang Kota, kemarin.
Pemuda ini sebenarnya sudah berkali-kali masuk bui dengan kasus serupa. Pada tahun 2006 dia ditahan selama enam bulan karena mencuri. Kemudian pada tahun 2008 juga kembali kena hukuman 10 bulan penjara.Dua kali dipenjara ternyata tak juga membuatnya kapok. Terbukti pada tahun 2011 kembali melakukan perbuatan melawan hukum. Akibatnya, Ambon kembali mendekam dalam tahanan selama dua tahun.“Saya keluar penjara bulan Mei 2013 lalu,” ujarnya lirih.
Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Malang Kota Dwiko Gunawan mengaku pihaknya masih mengejar penadah Ambon. Sebab, selama ini, Ambon diketahui memiliki penadah untuk membeli barang curiannya. “Dia ini pencuri kambuhan, begitu melihat rumah kost dalam posisi terbuka maupun tertutup langsung berniat mencuri,” imbuhnya.Namun, pengakuan Ambon dihadapan Polisi, sejak keluar penjara, baru kali ini mencuri. Polisi sendiri mengamankan barang curian berupa laptop merek Lenovo serta satu buah tas warna biru.(ary/nug)