BI Malang Minta Utamakan Kepentingan Warga

MALANG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, berjanji akan terus memantau perkembangan penyelesaian ‘perselisihan’ antara BRI Malang Kawi dengan warga perumahan Graha Dewata. Hal ini ditegaskan Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Dudi Herawadi kemarin dalam acara yang dikemas santai di rumah makan Inggil Malang. Dihadapan perwakilan warga perumahan Graha Dewata dan kuasa hukumnya, Gunadi Handoko, SH, MM, M.Hum, dia berharap, penyelesaikan kasus ini dilakukan dengan cara yang kooperatif, bukan konfrontatif seperti yang terjadi selama ini.
“Saya sudah sampaikan kepada pimpinan BRI Malang Kawi untuk lebih memperhatikan kepentingan warga,” paparnya. Bahkan seharusnya, lanjut pria asal Sumedang, Jawa Barat itu, BRI Malang Kawi harus bersinergi dengan warga untuk sama-sama menyelesaikan kepentingannya masing-masing. “Kalau saya lihat, sebenarnya ada kepentingan yang bersentuhan antara BRI dengan warga,” terang dia. Dalam pengamatannya, BRI sedang berusaha menyelamatkan kredit Rp 22 miliar yang dulu dikuncurkan kepada PT. Dewata Abdi Nusa (DAN) sebagai kredit konstruksi.
“Uang segitu tentunya cukup besar bagi BRI dan harus dipertanggungjawabkan. Termasuk salah satunya adalah dengan mempailitkan PT. DAN. Namun, saya juga meminta jangan abaikan hak warga yang memiliki rumah di sana. Itu konsekuensinya,” urai Dudi, panggilannya. Sejak permasalahan ini kembali merebak, mantan Kepala Kantor Perwakilan BI Purwokerto tersebut, terus mengaku beberapa kali mengirimkan laporan ke Kantor BI Pusat. Dijelaskannya, Direktorat Pengawasan Bank yang akan turun langsung menyelesaikan permasalahan BRI tersebut.
“Kami sudah meminta semua data-data yang dibutuhkan mengenai kredit PT. DAN. Yang pasti, BI Malang tetap pantau langsung sesuai dengan data yang dimiliki dan solusinya,” tegasnya. Sementara itu, Gunadi Handoko mengungkapkan, pertemuan santai siang kemarin di rumah makan Inggil memang dilakukan untuk mencari solusi yang baik di luar jalur hukum. “Kami sebenarnya juga mengundang Pemimpin Cabang BRI Malang Kawi, Sulaeman Tahe. Harapannya, dengan pertemuan santai seperti ini, akan ditemukan solusi yang lebih baik di luar persidangan,” tegasnya. (mar)