Tambang Pasir Besi Pantai Wonorogo Makan Korban

MALANG – Seorang pekerja pasir besi di Pantai Wonogoro, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Senin malam lalu harus dilarikan ke RSSA Malang. Yaitu Wahyu Suliono, 18 tahun, warga Kecamatan Gondanglegi. Dia mengalami luka putus di bagian urat arterinya setelah tergilas alat conveyor pasir. Hingga kemarin, korban masih menjalani perawatan.
Kapolres Malang, AKBP Adi Deriyan Jayamarta, saat dikonfirmasi semula mengatakan belum mengetahui peristiwa tersebut karena belum mendapat laporan. Namun setelah dicek ke anggotanya, dia membenarkan adanya peristiwa kecelakaan kerja tersebut.
“Kejadiannya memang ada pada Senin malam. Namun baru dilaporkan ke Polsek Gedangan hari Selasa. Dan korban sendiri, saat itu sudah dibawa ke rumah sakit. Sekarang ini kondisi korban seperti apa, kami masih belum memonitor,” ungkap Adi Deriyan Jayamarta.
Langkah yang dilakukan terkait kejadian itu sendiri, mantan penyidik KPK ini mengatakan akan meminta keterangan saksi-saksi yang mengetahui kejadian tersebut. Termasuk meminta keterangan pihak perusahaan.
“Dari hasil pemeriksaan saksi tersebut, akan disimpulkan apakah ada kelalaian dari pihak perusahaan atau dari karyawan tersebut. Kalau ditemukan ada kelalaian pihak perusahaan, akan ada sanksi sesuai peraturan,” tegasnya.
Terpisah, Bupati Malang Rendra Kresna, juga membenarkan adanya kejadian kecelakaan tersebut. Dia mengatakan bahwa pihak perusahaan harus bertanggungjawab atas kejadian kecelakaan kerja itu.(agp/aim)