Kangen Keluarga, Buronon Tiga Tahun Diciduk

MALANG – Pelarian Burhan Dika Pratama, 32 tahun, selama tiga tahun akhirnya berakhir. Kemarin, warga Dusun Botoputih, Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis ini berhasil dibekuk petugas Buser Polres Malang di rumahnya. Dia ditangkap, terkait kasus pencurian hewan di wilayah Kecamatan Wagir.
Dengan tertangkapnya Burhan ini, dari empat pelakunya, tinggal dua yang belum tertangkap. Yaitu berinisial SR, warga Kecamatan Pakisaji dan KN warga Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Sedangkan satu pelaku yang sudah ditangkap lebih dulu yaitu Kusman, warga Kecamatan Sumbermanjing Wetan.
“Tersangka Burhan ini, diamankan setelah kami mendapat informasi kepulangannya. Ketika kami tangkap, dia sama sekali tidak mengelak perbuatan pencurian tersebut,” ungkap Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ni Nyoman Sri Erfiandari.
Menurut mantan Kapolsek Pakisaji ini, dua kali aksi pencurian hewan ternak yang dilakukan Burhan Cs ini, terjadi di Desa Sumbersuko dan Desa Sidorahayu, Kecamatan Wagir, pada pertengahan Oktober 2010 lalu. Mereka beraksi dengan mengendarai mobil Avanza sewaan. Dan tersangka Burhan sendiri, sebagai sopir sedangkan tiga temannya sebagai eksekutornya.
“Dua TKP pencurian itu kami lakukan pada bulan Oktober hanya berselang seminggu. Dari hasil pencurian pertama, saya mendapat bagian Rp 750 ribu, sedangkan yang kedua saya tidak dapat. Saya ikut mencuri itu karena diajak oleh SR,” tutur tersangka Burhan.
Bapak dua anak ini mengatakan, selama menjadi buronan dirinya kabur ke Kalimantan, dengan bekerja sebagai pembuat batu bata. Dia pulang, karena alasan kangen dengan keluarganya.(agp/aim)