Isi Bensin, Bangunan Terbakar

MALANG - Empat petak bangunan usaha dan eks vihara di Jalan Mawar Malang ludes terbakar, kemarin pagi. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 07.30 dan langsung ditangani oleh PMK Kota Malang. Saking besarnya kebakaran, proses pemadaman baru berhasil sekitar pukul 09.30.
Komplek bangunan itu terdiri dari dua rental komputer, satu toko baju serta satu toko pracangan dan bengkel. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran.
Yang jelas sesaat sebelum kebakaran, satu motor tengah mengisi bensin ikut ludes terbakar.
Kebakaran ini tak sampai merembet ke pemukiman padat penduduk itu, lantaran PMK sangat sigap. PMK datang dengan sekitar tujuh unit kendaraan pemadam dan langsung beraksi. Banyaknya masyarakat di sekitar kawasan itu yang berkerumun sempat menyulitkan petugas masuk ke lokasi.
“Mungkin karena korsleting, kerugian ini diperkirakan mencapai Rp 500 juta,” kata Hadi Prayitno pemilik rumah yang dijadikan tempat usaha itu. Sumber dari kebakaran itu masih menjadi perdebatan, karena tidak ada yang tahu pasti. Menurut sumber Malang Post, api membesar karena menjilat sepeda motor yang tengah mengisi bensin. Kemudian semakin membesar dan menjalar ke kios atau lapak lainnya.
“Tujuh PMK dikerahkan untuk mengatasi kebakaran ini,” kata Sumadi, anggota PMK Kota Malang. Sedangkan menurut Aiptu Djoko Santoso, Babinkamtibnas Lowokwaru, areal itu lahan milik Hadi Prayitno yang digunakan sebagai tempat usaha Yakni usaha keluarga yang terbagi empat petak, pertama untuk rental komputer, petak kedua juga rental. Sedangkan petak ketiga pracangan, pangkalan bensin eceran dan bengkel kecil.  “Petak keempat toko pakaian dan semuanya habis,” ujarnya.
Sejumlah warga setempat mengatakan bahwa bangunan itu juga pernah dipakai sebagai vihara. Dulu vihara bernama Semar Ismoyo bertempat di lantai dua atau diatas lapak-lapak. Namun, sudah lama vihara tersebut tidak tampak aktifitas peribadatan. “Ya pernah jadi vihara, kemudian ditambah jadi tempat usaha,” kata salah satu warga yang enggan disebut namanya. (ary/mar)