Nyolong HP, Dua ABG Nyaris Diamuk Massa

TUREN – Dua anak baru gede (ABG) asal Dusun Kanigoro, Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Senin malam lalu diamankan petugas Reskrim Polsek Turen. Yaitu berinisial APU, 17 tahun dan AAB, 16 tahun. Mereka ditangkap setelah tertangkap tangan mencuri HP di konter Kira Cell Dusun Madyorenggo, Desa Talok, Kecamatan Turen.
Bahkan, sebelum diserahkan ke polisi, keduanya sempat nyaris menjadi bulan-bulanan warga. Beruntung petugas Polsek Turen yang mendapat laporan segera datang lokasi yang kemudian mengamankannya. Barang bukti yang turut diamankan adalah, dua buah HP merek Evercoss dan merek Nexcomm serta dua sepeda motor Honda Beat N 3441 ID dan Jupiter Z N 3820 FS yang dijadikan sarana beraksi.
“Untuk kedua tersangka sudah kami periksa. Mereka mengaku baru sekali itu saja mencuri. Dan karena usia mereka masih di bawah umur, bersama barang buktinya langsung kami limpahkan ke Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) Polres Malang,” ungkap Kanitreskrim Polsek Turen, Iptu Sudarno.
Diperoleh keterangan, aksi pencurian yang dilakukan kedua ABG ini terjadi sekitar pukul 20.00. Malam itu, dengan mengendarai sepeda motor sendiri-sendiri, keduanya berangkat dari rumah untuk jalan-jalan. Ketika melintas di depan konter HP milik Farid Rizkillah, 28 tahun, mereka timbul niatan untuk mencuri.
Agar tidak diketahui kalau berteman, keduanya mengatur strategi dengan tidak datang berbarengan ke konter dan berpura-pura membeli HP. Setiba di konter, APU bertugas mengalihkan perhatian korban, sedangkan AAB langsung mengambil dua buah HP yang ada di etalase.
Begitu mendapatkan barang, AAB lalu kabur yang kemudian diikuti oleh APU. Korban yang sadar kalau kedua pemuda itu pencuri, lalu berteriak maling dan mengejarnya dengan dibantu warga sekitar. Hasilnya jarak 500 meter, keduanya berhasil diamankan yang kemudian diserahkan ke petugas Polsek Turen.
“Pengakuan mereka, HP tersebut tidak untuk dijual, melainkan untuk dipakai sendiri. Dan mereka juga mengaku baru sekali itu mencuri, karena ingin memiliki HP,” ujar Sudarno.(agp/aim)