Disersi TNI AL Tipu Pengusaha Ayam

BULULAWANG – Suhariadi alias Bagus Hamzah, 53 tahun, warga Jalan Hayam Wuruk Gg II, Kecamatan Gondanglegi, ternyata tidak hanya berurusan dengan petugas Polsek Wajak. Disersi  TNI AL, yang mendekam di balik terali besi Mapolsek Wajak sejak awal pekan lalu karena kasus penipuan sepeda motor, juga bermasalah dengan Polsek Bululawang. Kasusnya sama yaitu penipuan dan penggelapan.
Korban penipuannya adalah pemilik PT Sinar Dunia Unggas (Kemitraan) di Desa Kambingan, Kecamatan Tumpang. Dua ribu ekor ayam pedaging senilai Rp 54,7 juta lebih digelapkan oleh tersangka Suhariadi.
“Tersangka Suhariadi alias Bagus Hamzah ini, sudah lama kami cari. Begitu dia ditangkap Polsek Wajak karena menipu, kami lalu mengembangkan dan ternyata benar,” ungkap Kapolsek Bululawang, Kompol A Napitupulu.
Penipuan yang dilakukan Suhariadi ini, terjadi 13 Agustus 2013 lalu. Ceritanya, pada 12 Juli lalu, tersangka Hariadi datang ke PT Sinar Dunia Unggas (Kemitraan) di Desa Kambingan, Kecamatan Tumpang. Dia menawarkan kerjasama dengan mengaku memiliki kandang ayam dengan kapasitas 5000 ekor di Desa Kasri, Kecamatan Bululawang yang disewa dari Julaicha.
Mendapat tawaran itu, pihak PT Sinar Dunia Unggas lalu mensurvei lokasi kandang ayam. Setelah dinilai layak, akhirnya dilakukan MoU. Agar dipercaya tersangka menyerahkan jaminan berupa akta hibah atas nama Paidjan, berupa sebidang tanah seluas 687 meter yang berlokasi di Desa Tempursari, Kecamatan Donomulyo.
Kemudian PT Sinar Dunia Unggas mengirim 5000 ekor ayam pedaging dan beberapa ton pakan serta obat-obatan (vaksin) ke kandang ayam di Desa Kasri, Bululawang. Bibit ayam tersebut akan siap dipanen dalam waktu 38 hari.
Namun baru berusia 35 hari, pada 13 Agustus tanpa sepengetahuan PT Sinar Dunia Unggas, tersangka Hariadi mengambil 2000 ekor ayam yang kemudian dijual. Pihak PT Sinar Dunia yang mengetahui hal itu, berusaha menghubungi tersangka tetapi nomornya tidak aktif. Dan ketika dicari di rumahnya ternyata alamat yang diberikan palsu. Akhirnya setelah sadar tertipu, lalu melaporkan ke Polsek Bululawang hingga Hariadi berhasil diamankan.(agp/aim)