Curi Uang Swalayan, David Digebuki Warga

MALANG POST – Warga sekitar Pasar Gondanglegi, siang kemarin ngamuk. Mereka melampiaskan amarahnya dengan menghakimi David Paulo, warga asal Banyuwangi, yang tinggal di rumah ayahnya di Dusun Gunung Tumo, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Dia menjadi bulan-bulanan warga setelah tertangkap tangan mencuri uang di dalam Swalayan Ratu.
Beruntung, petugas Polsek Gondanglegi yang mendapat laporan segera datang ke lokasi yang kemudian mengamankan tersangka. Selanjutnya bersama dengan barang bukti uang sebesar Rp 2 juta, pemuda berusia 36 tahun tersebut langsung digelandang ke Mapolsek Gondanglegi.
“Tersangka David ini, saat itu cepat kami amankan. Kalau kami terlambat beberapa menit saja, mungkin kondisi tersangka sudah lain lagi,” ujar Kapolsek Gondanglegi, Kompol Gatot Suseno.
Peristiwa sendiri terjadi sekitar pukul 12.15. Saat itu, David berangkat dari rumah ayahnya dengan naik angkot. Tujuannya untuk membeli pakaian di sekitar Pasar Gondanglegi. Setelah berjalan-jalan, dia lalu masuk ke Swalayan Ratu yang kemudian berpura-pura membeli sesuatu.
Ketika seorang petugas kasir sedang lengah melayani pembeli, tersangka dengan cepat mengambil uang Rp 2 juta di dalam laci yang selanjutnya kabur. Namun usaha David ini tidak berjalan mulus. Karena baru beberapa langkah, dia langsung diteriaki maling. Tersangka yang kalut, lalu kabur ke tengah pasar.
Warga yang mendengar teriakan itu, lalu mengejar dan menangkapnya. Selanjutnya tanpa ada komando, warga langsung menghakiminya ramai. Setelah kondisinya babak belur, tersangka langsung diserahkan ke polisi. “Saya baru sekali ini mencuri. Uang tersebut sedianya akan saya gunakan membeli pakaian,” tutur tersangka David. (agp/aim)