Rumah Janda Ludes Terbakar

Warga sekitar ketika membantu memadamkan dan membersihkan sisa puing-puing kebakaran

SINGOSARI- Kebakaran terjadi di Jalan Anusopati RT 05 RW 07 Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang kemarin siang (25/10/13). Rumah milik janda bernama Mamik (40), hangus dilahap si jago merah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, kerugian ditaksir mencapai Rp 25 juta.
„Yang terbakar, hanya dapur, kamar mandi dan sebagian atap rumah. Ruangan lainnya tidak sampai terbakar. Saya sendiri, baru tahu kalau rumah terbakar setelah diberitahu warga,” ujar Mamik, kepada Malang Post kemarin.
Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 09.30, saat kejadian rumah sedang dalam kondisi kosong. Mamik dan anaknya pergi ke sungai untuk mencuci pakaian. Ketika ditinggal mencuci, menurut Mamik, tidak ada alat listrik dan kompor gas yang menyala saat ditinggal mencuci ke sungai. “Saya tidak tahu pasti dari mana sumber apinya,“ katanya.
Sementara menurut warga, api muncul dari dapur yang terletak di belakang rumah. Tetangga korban yang pertama kali megetahui api membakar atap rumah, sontak berteriak meminta tolong dan membuat heboh warga sekitar. Merekapun bahu membahu untuk memadamkan api, agar tidak merembet ke rumah milik warga lain.
Pasalnya, sekitar lokasi kejadian merupakan pemukiman padat penduduk, sehingga sangat berpotensi kebakaran merambat ke rumah warga lain. Api baru bisa dipadamkan 30 menit setelah kejadian. Sedangkan dua mobil PMK telambat datang, lantaran api keburu berhasil dipadamkan berkat bantuan warga.
Setelah api benar-benar padam, warga lalu berbondong-bondong membersihkan puing-puing kebakaran. Sementara Mamik dan anaknya, terlihat shock.. “Kalau rumah dalam kondisi seperti ini, tidak bisa ditempati. Terpaksa saya dan anak untuk sementara waktu mengungsi ke rumah tetangga,” ucapnya lirih.
Sementara itu petugas kepolisan yang datang, langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Hasil sementara, asal api diduga dari kronsleting listrik. “Masih kami selidiki penyebabnya. Namun dugaan awal berdasarkan keterangan dari warga, kemungkinan api berasal dari korsleting listrik,” kata Kapolsek Singosari AKP Decky Hermansyah, saat ditemui di lokasi kejadian. (big/han)