Kasubag-Satpam Curi Ayam di Wonokoyo

SINGOSARI- Ibarat pepatah, pagar makan tanaman. Itulah yang dilakukan lima karyawan PT Wonokoyo yang ada di Desa Klampok Kecamatan Singosari. Mereka ditangkap petugas Polsek Singosari Rabu (23/10), karena kedapatan mencuri 16 box ayam yang baru menetas dari perusahaan tempat mereka bekerja.
Kelima pelaku itu adalah Sudirman (36) warga Desa Dengkol Singosari dan Kholil Ansori (38) warga Kelurahan Pagetan Kecamatan Singosari, keduanya satpam perusahaan, Catur Suharna (40) warga Desa Ardimulyo sebagai penyeleksi ayam, Indra Purnomo (37) warga Kelurahan Pagetan, Kasubag Penetasan, lalu Doni Aryanto (32) warga Kelurahan Buring Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang juga Kepala Bagian Produksi.
Kapolsek Singosari AKP Decky Hermansyah mengatakan, perwakilan manajemen PT Wonokoyo, melaporkan ayam penetasnya kerap hilang tiap kali melakukan panen. Setelah mendapat laporan itulah dia memerintahkan jajaran Reskrim Polsek Singosari untuk melakukan penyelidikan sekaligus pengintaian di pabrik.
“Kami mengintai pabrik selama satu minggu, dan akhirnya membuakan hasil,” ujar AKP Decky Hermansyah kepada Malang Post.
Tepatnya pada Rabu (23/10) dini hari, pihaknya menemukan aktivitas mencurigakan. Mantan Kasat Reskrim Polres Malang ini menjelaskan, saat itu tiga pelaku yakni Sudirman, Catur dan Indra bertugas memindahkan ayam dari dalam pabrik ke mobil pick up yang sudah disediakan di luar. “Sedangkan Cholil dan Doni, berada di luar pabrik, siap memindahkan 16 box ayam,“ terangnya.
Sebelum berhasil memindahkan ayam hasil curiannya itu, mereka keburu digrebek serta ditangkap petugas. Kelima tersangka itu, lantas langsung digelandang ke Mapolsek Singosari untuk diamankan sekaligus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dari tangan mereka, petugas menyita barang bukti 16 box ayam baru menetas yang setiap boxnya berisi 100 ekor ayam dan satu unit mobil pickup N 11 83 AZ.
“Menurut pengakuan pelaku yang menjabat sebagai Kabag Produksi, yakni Doni Aryanto, mereka melakukan pencurian sebanyak 20 kali,“ terang Decky sapaan akrabnya.
Akibat perbuatan yang dilakukan kelima tersangka tersebut, PT Wonokoyo mengalami kerugian sebesar Rp 50 juta. “Tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian yang ancaman kurungan minimla lima tahun penjara,“ tutupnya. (big/han)