Jual Bakso Bonus Pil Koplo

Para pengedar Pil Koplo di Kota Batu berhasil diamankan oleh Polres Batu

Sasaran Pelajar, Lima Tersangka Warga Sidomulyo
BATU- Hasil berjualan bakso, nampaknya belum membuat Nurul Santoso, 22 tahun bersyukur. Faktanya, ditenga rutinitas keliling kampung menawarkan dagangannya, warga Jalan Cemara Kipas RT02/RW03 Desa Sidomulyo, Batu itu juga menjual obat keras jenis pil koplo. Akibatnya, petugas Reskoba Polres Batu pun meringkus Nurul di Dusun Telogorejo Desa Bumiaji, dengan barang bukti 375 butir pil koplo dan uang Rp30.000.
Dalam pemeriksaan polisi, Nurul mengaku untuk seribu butir koplo dibeli Rp 300.000, kemudian dijual kepada pelanggan per 10 butir (satu tik) seharga Rp 15.000. Sehingga bila 1.000 butir, bisa laku Rp 1,2 juta yang dalam waktu dua sampai tiga hari sudah habis.  Keuntungan yang cukup besar itulah, yang menjadikan bakul bakso ini nyambi jual pil koplo. Dia pun kini bergabung dengan sindikatnya yang lebih dulu sudah tertangkap.
Yakni, Eko Sukamto, 28 tahun warga Dusun Binangun Desa Bumiaji, Rudy Setyawan, 20 tahun dan Juni Dwi Putra, keduanya warga Jalan Cemara Kipas Desa Sidomulyo. Dari ketiga tersangka itu, polisi menyita barang bukti 924 butir pil koplo, tiga HP Cross dan HP Samsung serta merk GT. Kasat Narkoba Polres Batu, AKP Djaelani, SH, mengaku butuh waktu dua hari untuk bisa menangkap basah para tersangka itu.
“Yang kali pertama kami tangkap, Eko Sukamto yang ngaku mendapatkan barang dari Nurul Sandoko. Nurul sendiri membeli koplo dari Juni Dwi Putra. Sementara Juni ngakunya membeli dari Rudi Setyawan. Ternyata, Rudi pun membeli dari Gembel yang hingga sekarang belum tertangkap,” papar mantan Kapolsek Bumiaji ini. Menurutnya, ke empat tersangka merupakan jaringan pengedar pil koplo wilayah Kecamatan Bumiaji. Dan obat yang dilarang dijual belikan secara bebas itu, diedaran kepada siswa SMP, SMA bahkan orang dewasa.
Sebelumnya, Reskoba  Polres Batu juga mengamankan dua tersangka lain. Yakni, Agus Wiyanto, 28 tahun warga Jalan Mawar Merah Desa Sidomulyo dan Sofyan Dwi Effendi, 22 tahun warga Jalan Palem Botol, Sidomulyo. Barang buktinya, 1087 butir pil koplo, HP Samsung dan uang Rp 20 ribu.” Kedua tersangka yang kami tangkap di rumahnya masing-masing itu, merupakan pengedar koplo dengan sasaran Desa Gunungsari,’’tandas Djaelani. (mik/lyo)