Pencuri Gondol Empat Sepeda Gunung

Tiga pencuri sepeda gunung bersama dengan barang buktinya.

MALANG – Aksi pencurian sepeda gunung di toko milik Agus Setiawan, Jalan Kurnia Kecamatan Bululawang, yang terjadi 26 Oktober lalu berhasil diungkap petugas Reskrim Polsek Bululawang, Selasa lalu. Itu setelah polisi berhasil mengamankan tiga orang tersangka dalam pencurian tersebut.
Mereka adalah Isman, warga Kecamatan Sukun, Geger Bagus Prayogo, 24 tahun, warga Desa Sempalwadak, Bululawang serta Irawan Hermawan alias Wawan, 42 tahun, warga Jalan Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen. Selain menangkap ketiga tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti empat sepeda merek Polygon, kamera serta satu unit sepeda motor Honda N6524 AW mlik salah satu tersangka yang dijadikan sarana beraksi.
Kapolsek Bululawang, Kompol Agus Napitupulu mengatakan, penangkapan ketiga tersangka ini berdasarkan hasil penyelidikan selama hampir sepekan. Polisi mendapat petunjuk dari pemeriksaan saksi-saksi yang mengarah ke salah satu satu tersangka.
“Kali pertama yang kami tangkap adalah Isman. Kemudian menangkap Geger di rumahnya lalu tersangka Wawan saat mau menjual sepeda gunung di Pasar Loak Comboran Kota Malang. Khusus untuk Geger, barang bukti sepeda gunung disembunyikan di atas atap rumahnya,” ungkap Napitupulu.
Mantan Kasatreskoba Polres Malang ini mengatakan, aksi pencurian saat itu terjadi tengah malam ketika toko sedang tutup. Ketiga pelaku yang sudah merencanakan aksinya, berkumpul di rumah salah satu pelaku. Selanjutnya dengan berboncengan tiga, mereka menuju ke lokasi.
Modus operandinya, mereka masuk dengan cara menjebol atap lantai dua. Selanjutnya setelah berada di lantai dua, mereka turun ke lantai satu mengambil empat sepeda gunung serta kamera helm. Begitu dirasa cukup, mereka kabur lewat jalan semula.
“Kami baru sekali itu mencuri di toko tersebut. Sedianya sepeda itu mau kami jual dengan harga Rp 1 juta, tetapi belum sempat terjual kami sudah ditangkap polisi,” tutur Wawan yang dibenarkan dua tersangka lainnya.(agp/aim)