Dua Pendaki Asal Jakarta Hilang di Semeru

MALANG - Dua pendaki Gunung Semeru asal DKI Jakarta, dilaporkan hilang di kawasan Arcapada kemarin siang. Keduanya, yakni Aziz Faudhi, 21 tahun, asal jalan Nimun Raya 87, Kebayoran Lama dan Muhammad Rizky Perdana, 20 tahun asal jalan AS Syafiiyah RT 006/ 003, Cipayung,  Jakarta Timur.
Kepala Resort Pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Toni Artaka mengatakan, mereka dilaporkan hilang sejak pukul 02.00 WIB. “Kami sudah membentuk tim penyelemat yang juga dibantu dari komunitas pecinta alam, untuk mencari kedua pendaki yang hilang itu,“ ujarnya saat dihubungi Malang Post kemarin.
Diperoleh informasi, keduanya bersama 20 rombongan lainnya mendaki di gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut pada hari Rabu (6/11). Meski sebelumnya telah dilarang oleh petugas, kata Artaka, mereka nekat untuk mendaki. Keesokan harinya Kamis (7/11), rombongan sudah di puncak Gunung Semeru.
“Namun menurut keterangan temannya yang lain, Aziz dan Rizky yang memutuskan turun dan meninggalkan rombongan, justru menghilang,“ ujarnya. Sedangkan rombongan lainnya, lantas memutuskan untuk menunggu keduanya di Arcopodo.
Lantaran ditunggu hingga malam hari tak kunjung datang, rekan kedua pendaki yang hilang tersebut turun melapor ke Pos Ranu Pane petugas TNBTS sekitar pukul 02.00 WIB Jumat (8/11) dini hari. “Mendapat laporan itu, pagi tadi (kemarin) ada lima Petugas TNBTS dibantu Porter melakukan pencarian terlebih dahulu,“ ungkapnya.
Pencarian yang dilakukan hingga kemarin sore, dikatakannya belum membuahkan hasil. Lantaran sudah mulai gelap, pencarian dilanjutkan hari ini dengan dibantu beberapa organisasi pecinta alam, porter dan warga sekitar.  “Jalur pendakian saat ini memang kami tutup, untuk mempermudah pencarian,“ tuturnya. (big/lim)