50 Kantong Pakaian Ludes,Kerugian Rp 30 Juta

PENDINGINAN :  PMK naik ke atap rumah untuk mendinginkan api di TKP Kebakaran Jalan Simbar Menjangan, kemarin.

MALANG - Laundry Mitra Shava di Jalan Simbar Menjangan RT 5 RW 3 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru ludes dilalap si jago merah, kemarin. Bangunan 6 x 10 meter serta puluhan kilogram pakaian pelanggan hangus terbakar.  
Widodo (33 tahun) pemilik Mitra Shava menderita kerugian sekitar  Rp 30 juta. Musibah itu terjadi sekitar pukul 13.00 akibat korsleting listrik di bangunan lantai 2. Yakni bangunan untuk mesin pengering pakaian pelanggan laundry."Bisa jadi karena mesin terlalu panas, kemudian menyebabkan korsleting, sekitar 50 kantong pakaian hangus terbakar," aku Widodo kepada Malang Post.
Beruntung si jago merah tak sampai melahap seluruh rumah Widodo. Sebab, warga setempat sigap memadamkan api di lantai dua. Warga naik ke atap dan menyiram api dengan air yang ada di tandon."Sejumlah kantong pakaian masih bisa diselamatkan dengan bantuan warga," imbuh suami Veranda Oktorani itu.
Proses penanganan kebakaran oleh warga berlangsung sekitar 30 menit. Mereka bahu membahu menyiram air ke sumber api. Kepanikan sempat terjadi ketika seorang warga jatuh dari atap.
"Kaki saya terluka, beruntung jatuhnya tak sampai ke lantai, saya tersangkut  di kayu-kayu penyangga asbes," aku Solikin warga yang terluka.
Muhammad Firman Mustakim penghuni kos di samping lokasi, mengaku sempat panik. Sebab, angin yang kencang sempat membuat api nyaris menjalar ke rumah kosnya."Warga yang bertindak cepat membuat api bisa ditangani," aku mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya itu.
PMK Kota Malang sendiri mengirim empat unit truk pemadam kebakaran serta 20 petugas PMK. Saat PMK datang sekitar pukul 13.45 api sudah berhasil dijinakkan."PMK hanya melakukan pendinginan, reaksi warga sungguh cepat, kami salut dengan mereka, ini berkat pelatihan," aku Sumadi Ketua Operasional PMK Kota Malang.
Sementara itu, pagi sekitar pukul 06.10, kebakaran juga terjadi di Jalan Danau Ranu Grati Kota Malang. Namun yang terbakar adalah mobil Ford Laser Noipol N 492 PZ milik Abdul Manan. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 30 juta.Kebakaran tersebut ditangani tiga unit PMK yang mendapatkan laporan dari warga. Penyebab kebakaran diketahui dari korsleting kelistrikan mobil Ford Laser tersebut. Kejadian sempat memacetkan arus lalu lintas peserta upacara Hari Pahlawan yang hendak ziarah di Taman Makam Pahlawan.(ary/nug)