Tim SAR Temukan Dua Pendaki Dalam Kondisi Lemah

MALANG- Dua pendaki asal Jakarta yang hilang di Gunung Semeru ditemukan selamat oleh tim SAR gabungan. Aziz Faudhi ditemukan pertama kali Minggu (10/11) terjatuh di jurang Blank 75. Sedangkan Muhammad Rizki ditemukan tim SAR Senin (11/11) kemarin di Gunung Buto, kaki Gunung Semeru sebelah timur.
“Aziz ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi lemas di dasar jurang Blank 75,“ ujar Kepala Resort Pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Toni Artaka saat dihubungi Malang Post kemarin sore.
Proses evakuasi akan dilakukan dari Blank 75 ke Tawon Songo Pasrujambe Kabupaten Lumajang.  Tim SAR dari Tawon Songo sudah bergerak dengan membawa tandu khusus untuk mepermudah evakuasi korban.
“Jadi survivor (korban) dievakuasi ke Pos Pendakian Tawon Songo Desa Karanganom Lumajang. Karena jarak tempuhnya lebih dekat ke pos tersebut, ketimbang kembali ke Pos Ranu Pani,“ terangnya.
Survivor berhasil dievakuasi ke Pos Tamon Sango, pada Senin dini hari kemarin. Kemudian oleh tim SAR langsung dibawa ke RS Bhayangkara Lumajang untuk mendapatkan perawatan intensif.
“Menurut laporan, kaki survivor patah karena terjatuh ke jurang. Untuk itu dibawa ke RS Bhayangkara,” paparnya.
Sedangkan Muhammad Rizki ditemukan tim SAR Senin (11/11) siang kemarin di Gunung Buto, kaki Gunung Semeru sebelah timur. Menurut Toni Artaka, Rizki ditemukan dalam kondisi lemas saat istirahat mencari perkampungan.  Lanjutnya, saat ini proses evakuasi yang dilakukan tim SAR terhadap survivor.
Diperkirakan evakuasi membutuhkan waktu sekitar empat jam ke Pos Pendakian Tawon Songo. “Survivor kedua yang ditemukan selamat, juga dievakuasi ke Pos Pendakian Tawon Songo, karena jaraknya memang lebih dekat,” katanya.
Sedangkan diperoleh keterangan, mereka berdua terpisah di jurang Blank 75.
“Jurang Blank 75 memang menjadi tempat yang sering terjadinya pendaki tersesat dan celaka. Karena tempat itu berkabut dan sering membuat pendaki kebingungan arah,” paparnya. (big/aim)