Unipa Pecat Dua Mahasiswa Tersangka Pembunuh

MALANG POST - Paska penangkapan 2 pelaku pembunuh Fita Fitria Dewi (21) mahasiswi semester VII Fakultas Tata Busana oleh Polres Mojokerto, Rektor Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Drs H Sutijono SH memberhentikan dua mahasiswanya.
Mereka yakni Restu Eka Brianti Tasari dan Yunanda Bagus Putra mahasiswa angkatan 2008 Jurusan Seni Rupa. Dua mahasiswa ini dianggap telah menodai nama baik kampus dan terbukti melakukan perbuatan kriminal.
"SK pemberhentiannya sebagai mahasiswa sudah kami dikeluarkan," kata Sutijono kepada wartawan saat menggelar jumpa pers di Garden Palace Hotel, kemarin.
Rektor Unipa menuturkan, pihak kampus yakin bahwa Restu dan Yunanda mahasiswa semester XI terbukti bersalah. Tim investigasi dari pihak kampus juga telah mengikuti proses penyelidikan kasus pembunuhan Fita.
"Kami ikut mendalami proses penyelidikan. Pelaku juga sudah mengakui perbuatannya. Pihak kampus tidak bisa menerima mahasiswa yang melakukan tindak kriminal," tutur dia.
Dia juga menjelaskan, Unipa tercatat memiliki lebih dari 7.000 mahasiwa. Dari sekian banyak jumlah itu, Sutijono mengatakan ada banyak mahasiswa yang berprestasi. Namun perbuatan kriminal yang dilakukan Restu dan Yunan akan menjadi bahan evaluasi bagi pihak akademik.
"Hal ini akan menjadi bahan evaluasi kami. Mulai dari kegiatan kemahasiswaan hingga akademik, aturan-aturan akan diperketat," ujar dia.
Saat menggelar konferensi pers ini, Sutijono didampingi oleh Wakil Rektor III Pungut Asmoro dan Humas Unipa Widodo.
Diberitakan sebelumnya, mayat Fita Fitria Dewi (21) ditemukan dalam karung plastik oleh warga sekitar yang sedang mencari rumput, Senin (11/11) di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Dan 1 minggu kemudian, polisi berhasil menangkap pelaku pembunuhan di Banjarnegara, Jawa Tengah.(dtc/ary)