Kepergok, Dua Pencuri Motor Dimassa

Iswadi dan Herman Effendi dikawal polisi usai dirawat di RSSA Malang.

MALANG- Dua pencuri motor bernasib nahas kemarin. Iswadi, 32 tahun dan Herman Effendi alias Robert, 21 tahun, keduanya asal Jalan Bulak Jaya, Surabaya dihajar massa ketika kepergok hendak mencuri motor di Jalan Sudimoro, Malang. Akibat hajaran itu, mereka mengalami luka-luka di sekujur tubuhnya. Usai menjalani perawatan di RSSA Malang, Iswadi dan Herman digiring ke Mapolres Malang Kota.
Suherman, salah seorang warga di TKP menjelaskan, Iswadi dan Herman dipergoki hendak mengambil motor Yamaha Vixion, AG 6532 KX milik Ali Akbar, 27 tahun, kos di Jalan Sudimoro Malang, pukul 06.00. “Korban tahu pelaku memegang setir motornya ketika keluar rumah. Dilihatnya, mesin sudah dalam keadaan menyala. Dia lalu berteriak pencuri hingga mengundang warga berdatangan,” terangnya.
Teriakan ini tak urung membuat Iswadi kebingungan. Namun dia tidak bisa mengambil langkah seribu setelah puluhan warga di jalan kampung itu mengepungnya. Sementara, Herman memilih meninggalkan motor Honda Beat, L 4912 TL yang digunakan untuk mencari sasaran. Dia kabur meninggalkan Iswadi yang sudah dipukuli. Beberapa anggota Polsekta Lowokwaru dan Satreskrim Polres Malang Kota yang mendengar kejadian ini juga berdatangan.
Beberapa petugas mengamankan Iswadi sedangkan petugas lainnya bersama warga mencari Herman. Sekitar pukul 08.00, Herman yang bertubuh kecil ini ditemukan bersembunyi di sungai kecil dekat dengan TKP. Tak ayal, pemuda yang tubuhnya penuh tato ini juga ikut dipukuli hingga babak belur. Petugas yang membawa Iswadi dan Herman ke Mapolres Malang Kota menemukan barang bukti tiga kunci T yang dibawa pasangan curanmor tersebut.
“Kami sudah melakukan pencurian di daerah Lowokwaru hingga enam kali. Dan hasilnya, selalu dijual ke penadahnya di Sampang, Madura,” kata Iswadi usai dirawat di IRD RSSA Malang. Namun, polisi tidak puas dengan pengakuan kedua tersangka yang diketahui residivis dalam kasus pencurian motor tersebut. Hingga kemarin sore, anggota Satreskrim Polres Malang Kota mengeler Iswadi dan Herman untuk menunjukkan tempat pencuriannya yang lain. (mar)