Ditilang, Pelajar Coba Suap Polisi

Petugas menghentikan kendaraan yang ditumpangi pelajar, karena tidak memiliki SIM dan STNK, petugas menilangnya.

SINGOSARI- Petugas Satlantas Polres Malang kembali menggelar razia kendaraan khusus pelajar, di wilayah Kecamatan Singosari. Meski sudah sering dilakukan sosialisasi, masih ada 12 pelajar yang terjaring dari razia kendaraan yang dikendarai pelajar, baik yang mengendarai sepeda motor dan mobil.
Kepala Pos 902 Singosari, AKP Made Suwardana mengatakan, pengendara yang terjaring mayoritas tidak membawa dan tak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan, seperti SIM dan STNK.
 “Kami lakukan penilangan sesuai dengan apa yang mereka langgar,“ ujarnya kepada Malang Post kemarin.
Meski dilakukan penilangan pihaknya juga memberikan nasehat kepada para pelajar yang kedapatan melanggar itu. Tujuannya untuk menghindari mereka dari bahaya kecelakaan lalu lintas seperti yang dialami AQJ putra artis Ahmad Dani, beberapa waktu lalu yang mengalami kecelakaan. Menilik hal itu, seluruh jajaran Satlantas diinstruksikan razia khusus pelajar.
“Setelah kami tilang, mereka kami beri nasehat agar tidak mengulanginya. Namun yang namanya pelajar bermacam-macam sifatnya ada yang berontak, marah-marah, melakukan sogokan kepada kami dan sebagainya,“ bebernya.
Meski begitu, pihaknya terus melakukan pendekatan dan nasehat secara persuasif. Menurutnya, razia itu memang dikhusukan pada saat jam pulang sekolah pada siang hari. Kemudian dilanjutkan dengan razia untuk umum. Saat razia untuk umum itu, Made mengatakan dikhusukan pengendara yang tidak melengkapi kelengkapan kendaraannya sesuai standart maupun ketentuan yang berlaku
Diantaranya ban ukuran kecil, spion tidak lengkap, bodi tidak standar, tidak menggunakan helm dan berboncengan  melebihi batasan.
“Musim hujan belakangan ini, rawan sekali terjadinya kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, sepeda motor dengan kondisi seperti itu sangat berbahaya. Sehingga kami juga lakukan penilangan,“ tegasnya.
Lanjutnya, operasi tersebut untuk menekan angka kriminalitas berupa pencurian kendaraan motor (curanmor). “Termasuk kami juga mencari sepeda motor yang diduga hasil curian dan masuk dalam laporan kehilangan,“ tutupnya. (big/aim)