Jual Miras, Toko Bahan Kebutuhan Pokok Digerebek

MALANG POST - Seolah tak kapok, seorang pemilik toko distributor barang kebutuhan pokok kedapatan lagi menjual minuman keras. Janjun menjual mirasnya dengan kedok menjual barang kebutuhan pokok. Saat digrebek, dari toko yang ada di Jalan Kolonel Sugiono itu polisi menemukan ribuan botol miras berbagai merek dan 10 galon miras oplosan sejenis arak.Polisi kemudian membawa miras tersebut ke mapolresta sebagai barang bukti. "Operasi ini kami lakukan menjelang natal dan tahun baru," kata Kapolresta Probolinggo AKBP Iwan Setyawan kepada wartawan, Sabtu (23/11/2013).
Diketahui selama ini tempat Janjun selalu jadi langganan operasi miras. Tapi selama itu pula Janjun terus beroperasi dan tidak pernah kapok jualan miras. Janjun sepertinya cukup lihai mengelabui jualan mirasnya, dengan berjualan air mineral, minuman berkarbonasi dan aneka snack.
Tapi disisi lain ternyata ia juga menyimpan ratusan dus miras siap edar. Kadar alkoholnya juga tinggi hingga diatas 40 %. Sayangnya, polisi tidak membawa serta pemilik miras padahal ada minuman yang tanpa pita cukai. "Setiap hari menjelang natal dan tahun baru, kami akan melakukan razia terhadap miras. Sudah banyak korban dari miras oplosan," ujar Iwan. Janjun sendiri tak terima jika toko sekaligus gudangnya digerebek. Ia beralasan mempunyai izin, tetapi perpanjangan izin tersebut belum keluar. "Saya tak terima barang saya disita karena izin penjualan masih dalam proses perpanjangan,' ujar Janjun. (jpnn/udi)