Ditinggal Nyoblos, Rumah Terbakar

WAJAK – Pemilihan Kepala Desa Codo Kecamatan Wajak, kemarin diwarnai kepanikan. Pasalnya, rumah seorang pemilih terbakar ketika ditinggal menyalurkan hak pilih (nyoblos) di Balai Desa Codo. Rumah tersebut milik H Nuriadi, 53 tahun, di Jalan Basuki Rahmad.
Kendati tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian akibat kejadian itu ditafsir sekitar Rp 7,5 juta. Selain ruang dan peralatan dapur yang ludes, juga ada sepeda angin yang ikut terbakar.
Diperoleh keterangan, kebakaran yang sempat menggemparkan warga sekitar terjadi pukul 08.15. Ketika kejadian rumah dalam kondisi kosong. H Nuriadi, sedang pergi ke ladang mencari rumput untuk pakan ternaknya. Sementara, Mudawaroh, istrinya pergi ke Balai Desa Codo mengikuti pemilihan Kepala Desa.
Sebelum ditinggal pergi ke Balai Desa tersebut, Mudawaroh, terlebih dahulu menanak nasi di atas tungku dengan menggunakan bahan bakar kayu. Saat pergi, dia lupa tidak mematikan tungkunya.
Akibatnya selang 15 menit, Siti Patukah, tetangganya melihat ada kepulan asap dan api dari dapur rumah korban. Karena yakin bahwa rumah H Nuriadi terbakar, saksi lalu berteriak kebakaran hingga didengar warga sekitar. Selanjutnya dengan bergotong royong dan air seadanya, warga berusaha memadamkan api. Hasilnya sekitar 30 menit, api berhasil dipadamkan.
“Dari hasil penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara sementara, penyebab kebakaran karena tungku kayu. Kemungkinan saat ditinggal pergi, tungku tertiup angin hingga api merambat ke bangunan dan membakar ruang dapur,” terang Kapolsek Wajak, AKP Sardikan.(agp/aim)