Lewat Atap, Gasak Rp 2 juta

JEBOL: Atap Alfamart yang berlubang setelah dijebol pencuri.

BATU -  Toko modern Alfamart di Jalan Abdul Manan Wijaya, Desa Pandesari, Pujon digasak pencuri dini hari kemarin. Uang Rp 2 juta hasil penjualan berhasil dibawa kabur. Dugaan sementara,  pelaku masuk ke dalam Alfamart melalui atap toko yang berada di sampingnya. “Pelaku menjebol asbes atap ini lalu masuk ke dalam dan mengambil uang senilai Rp 2 juta yang kebetulan berada di laci kasir,” kata Miftahus Syurur, salah satu karyawan.
Dijelaskannya, uang tersebut sebenarnya hendak disetorkan kemarin pagi karena uang itu hasil penjualan dari pukul 20.00 hingga 23.00. “Pencurinya berani karena jarak toko ini hanya satu kilometer dengan Polsek Pujon. Apalagi, dini hari, biasanya jalan depan toko sudah ramai,” lanjutnya. Dia mengaku tahu tokonya dibobol saat membuka toko. Miftah, panggilannya melihat atap toko sudah berlubang. Ketika dicek, uang yang ada di laci sudah lenyap.
Beruntung, menurutnya, pencuri tidak sampai membongkar brankas, karena nominal lebih besar daripada yang dilaci kasir. “Masuknya lewat atap ruangan gudang, dan kebetulan brankasnya ditaruh tidak jauh dari atap yang dijebol oleh pencuri,” jelas dia. Kapolsek Pujon, AKP Pujiyono mengaku aksi pencuri ini sempat terekam oleh CCTV dan sementara ini pihak kepolisian sedang mendalaminya.
”Hasil CCTV, pelaku sendirian melancarkan aksinya. Pakai cadar dari sarung. Pelaku juga bertubuh agak kecil. Petugas identifikasi sedang memeriksa modus dan cara pelaku masuk ke dalam toko. Tapi hasil sementara dia masuk dengan menggunakan tangga lalu membuat lubang di asbes seukuran tubuh manusia,” katanya ditemui di Mapolsek Pujon. Dia mengakui, padahal sekitar pukul tersebut, petugasnya sesekali melakukan patroli baik di kawasan toko-toko sampai kantor pemerintahan.
“Masih didalami, tapi yang jelas pencuri ini melakukannya dengan cara tradisional,” terang Pujiyono. Dia menambahkan, selama dirinya menjabat sebagai Kapolsek Pujon, kejadian pencurian ini baru kali pertama. ”Kedepan lebih ditingkatkan lagi patroli oleh petugas, terutama pusat perbelanjaan dan kantor pemerintahan,” tambahnya. (mik/mar)