DPO 10 Tahun, Perampok Ditangkap di Pagelaran

PAGAK – Hampir sepuluh tahun menjadi buronan polisi, Muhammad Toib alias Satuin, 41 tahun, akhirnya berhasil dibekuk petugas Buser Polres Malang, kemarin siang. Warga Dusun Druju Desa Tlogorejo Kecamatan Pagak ini ditangkap karena terlibat kasus perampokan di wilayah Kabupaten Malang.
“Tersangka ini kami amankan di parkiran motor Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran. Dari pengakuannya sementara, baru tiga TKP perampokan yang diakuinya. Namun kami tetap akan mengembangkan, karena kemungkinan masih ada TKP lain,” ujar Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman, SIK.
Menurut pengakuan Satuin, tiga TKP yang pernah menjadi sasaran perampokan, di  antaranya di Pabrik Rokok Cakra di Kendalpayak Pakisaji, sekitar 10 tahun lalu. Aksinya dilakukan tujuh orang, selain tersangka sendiri ada Cak Ran, Tumin serta Wito dan tiga pelaku lainnya tidak diketahui. Dari ketujuh pelakunya, baru Cak Ran, warga Desa Karangsuko Pagelaran serta Satuin yang ditangkap. Sedangkan pelaku lainnya masih buron.
Modus perampokan waktu itu dengan menjebol dinding belakang pabrik, yang kemudian menyekap dan mengikat petugas satpam dengan kawat bendrat. Dari aksinya kawanan Satuin ini berhasil membawa kabur uang puluhan juta. “Saya saat itu hanya mendapat bagian Rp 3 juta,” tutur Satuin.
Kemudian TKP perampokan kedua di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari, sekitar tiga tahun lalu. Dari aksinya ini, Satuin dan teman-temannya hanya mendapatkan sepeda motor.
Sedangkan aksi ketiga, di rumah Muhammad Soleh, pengepul rongsokan di Dusun Segenggeng Desa Wonokerso Kecamatan Pakisaji, pada 18 Januari 2010 lalu. Dari aksinya ini, Satuin serta kawananya berhasil mendapatkan sepeda motor serta beberapa handphone.
“Untuk aksi yang kedua dan ketiga, saya tidak mendapat bagian. Karena begitu berhasil, barang hasil rampokan langsung dibawa kabur oleh teman-teman. Dan selama ini, saya tidak kabur kemana-mana hanya bersembunyi di rumah orang tua di Desa Karangsuko,” katanya.(agp/lim)