Nekat Curi Sepeda Motor Teman Sendiri

SINGOSARI- Seorang pelajar bernama Pangki Santoso, warga Perum Griya Husada Desa Sumberporong, Kecamatan Lawang, diamankan Reskrim Polsek Singosari kemarin. Pelajar berusia 19 tahun tersebut, terbukti mencuri sepeda motor milik teman satu sekolahan bernama Riski Kurniawan, 18 tahun, Warga Desa Losari Kecamatan Singosari.
Dari tangan tersangka, petugas menyita barang bukti berupa sebuah kunci duplikat dan sepeda motor Kawasaki Ninja plat nomor N 2514 IJ.
“Tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan yang ancaman hukumannya lima tahun penjara,” kata Kapolsek Singosari AKP Deky Hermansyah kepada Malang Post.
Informasi yang berhasil dihimpun Malang Post, pencurian yang dilakukan tersangka terjadi Sabtu (14/12). Sebelumnya, tersangka yang bersekolah di salah satu SMK swasta di Kecamatan Singosari itu, sering meminjam sepeda motor milik korban.
Ternyata, hal itu merupakan modus tersangka untuk melakukan aksi kejahatan dengan menggandakan kunci sepeda motor milik korban. Setelah berhasil menduplikat kunci, barulah tersangka melancarkan niat jahatnya. Tepatnya pada Sabtu (14/12), sepulang sekolah, tersangka beserta 12 teman lainnya termsuk korban pergi ke Coban Pelangi.
“Sebelum pergi, mereka berkumpul terlebih dahulu di rumah kontrakan korban untuk berangkat bersama-sama,“ kata Deky.
 Lanjutnya, setelah mereka berkumpul, kemudian mereka berangkat. Saat itu, korban berboncengan dengan salah satu temannya. Sedangkan sepeda motor miliknya ditinggalkan di rumah kontrakan.
Belum sempat sampai Coban Pelangi, diterangkan mantan Kasat Reskrim Polres Malang ini, tersangka kembali ke rumah dengan asalasan ditelpon kakaknya. Namun, dia malahan ke rumah kontrakan korban, beriat mencuri sepeda motor. Sesampainya di depan rumah kontrkan tersebut, tersangka tidak bisa masuk.
Pasalnya, di dalam rumah terdapat teman satu kontrakan korban. Kemudian, tersangkapun berniat pulang ke rumahnya. “Tersangka pada akhirnya tidak jadi pulang ke rumahnya. Setelah melihat teman korban pergi keluar rumah,“ terangnya.
Kondisi itu dimanfaatkan oleh tersangka untuk melanjutkan niat jahatnya. Tersangka kemudian masuk ke dalam rumah, dengan cara merusak kunci pintu ruang tamu. Setelah berhasil masuk, kemudian tersangka menggondol sepeda motor milik korban yang saat itu terletak di ruang keluarga. “Kemudian, oleh tersangka sepeda motor tersebut disembunyikan di suatu rumah kosong, dekat rumahnya,” terangnya.
Korban yang pulang, lantas kagget mendapati sepeda motornya raib. Kemudian kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek Singosari. Hasil penyelidikan petugas, mengarah kepada Pangki Santoso. “Tersangka saat diperiksa tidak bisa mengelak dan mengakui perbuatannya itu,” tutupnya. (big/aim)