Delapan Pekerja Keracunan Gas di Pabrik

PAKIS- Kecelakaan kerja kembali terjadi. Kali ini dialami PT Agro Mitra Alimentare (AMA) yang terletak di Jl Raya Pakisjajar Kecamatan Pakis, kemarin siang. Di perusahaan tersebut delapan orang pekerjanya diduga keracunan akibat menghirup gas beracun yang berada di ruang pengolahan cabe.
Kedelapan pekerja itu adalah Fakih 26 tahun, Habibi 25 tahun, Baidowi 25 tahun, Nur Wahid 32 tahun, Heri 30 tahun, Riri S 29 tahun, M Irfan 33 tahun dan Anang Sudiono 33 tahun.
“Mereka semuanya selamat dan dibawa ke RSSA untuk mendapatkan perawatan intensif,“ ujar Kapolsek Pakis AKP Hery Purwanto kepada Malang Post kemarin.
Informasi yang berhasil dihimpun, siang itu sekitar pukul 10.30 WIB, delapan orang pekerja masuk kedalam ruangan tersebut. Mereka berencana akan membersihkan ruangan tersebut. Namun saat baru saja memulai  pekerjaanya tiba-tiba beberapa orang pekerja yang berada di dalam ruangan tersebut mulai sesak nafas kekurangan oksigen.
Sehingga pekerja yang lain mulai panik. Belum cukup sampai di situ saja kepanikan ini diperparah dengan terjadi beberapa pekerja lainya ada yang jatuh pingsan. Untungnya meski dalam kondisi kekeurangan oksigen ada pekerja yang berusaha minta tolong kepada pekerja lainya yang berada di luar ruangan.
Teriakan para pekerja yang sudah mulai kehabisan nafas ini didengar pekerja lainya. Hingga kemudian berusaha menolong dengan cara mengeluarkan para pekerja yang masih berada didalam ruangan. Setelah mereka semuanya berhasil dikeluarkan, seketika itu juga dilarikan ke UGD RSSA Kota Malang.
Sedangkan penyebab terjadinya perisitiwa tersebut, masih diselidiki oleh petugas kepolisian setempat. “Masih belum diketahui jenis gas bercun yang dihirup oleh pekerja. Untuk saat ini masih dalam proses penyidikan dan besok (hari ini) akan memanggil saksi-saksi yang mengetahui penyebab kejadian ini,“ tutupnya. (big/aim)