Truk Terbalik, Malang-Surabaya Tiga Jam Macet Total

Truk  terguling menyebakan arus dari dua arah Malang-Surabaya macet total 3 jam

SINGOSARI- Sebuah truk kontainer bermuatan keramik ber-Nopol AG 9634 US terbalik di Jalan Raya Randuagung Kecamatan Singosari, kemarin pagi. Baruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, akibat kejadian itu sempat memacetkan dua arah Malang-Surabaya, selama lebih tiga jam karena proses evakuasi.
Informasi yang dihimpun Malang Post, kecelakaan tunggal tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu, truk yang dikemudikan Nuruddin, 36 tahun Warga Desa Nawangsari Kecamatan Waleri, Kabupaten Kendal, melaju dari arah Surabaya dengan kecepatan sedang.
“Truk kontener tersebut, sebelumnya dari Surabaya mengambil keramik untuk dibawa ke komplek pergudangan yang ada di kawasan Jalan Industri,“ ujar Kepala Pos Lantas Singosari AKP Made Suwardhana kepada Malang Post kemarin.
Sesampainya di lokasi kejadian, truk berniat berbelok ke kiri masuk ke dalam Jalan Industri. Naas, tiba-tiba bak truk panjang tersebut terbalik ke sisi kiri. Mengakibatkan ribuan keramik merek Roman tersebut berhampuran keluar dan pecah. Sedangkan pengemudi yang kaget, lalu menyelematkan diri dengan lompat keluar dari kendaraaan. Beruntung, terbaliknya bak truk tersebut tidak menimpa kendaraan lainnya.
Sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, akibat kejadian itu sempat membuat dua arus baik menuju Kota Malang maupun Kota Surabaya macet selama tiga jam. Lantaran badan truk yang besar dan panjang, menyulitkan petugas untuk melakukan proses evakuasi.
Petugas dibantu warga sekitar, juga disibukan harus mengevakuasi keramik yang berhamburan keluar tersebut. Sehingga mau tidak mau, jalan satu arah menuju Kota Malang harus ditutup untuk mempermudah proses evakuasi tersebut.
“Dugaan kecelakaan ini adalah per truk sebelah kiri putus saat berbelok tadi. Sehingga, tidak kuat menahan beban muatan,“ kata Made.
Proses evakuasi, lebih cepat ketika mobil derek dari UPT DLLAJ Provinsi Jatim datang dan ikut membantu mengevakuasi bangkai truk yang terlentang di tengah jalan.
Arus kedua arah kembali lancar, setelah proses evakuasi yang dilakukan selesai sekitar pukul 10.00 WIB.(big/aim)