Bekuk Spesialis Pencuri Rumah Kosong

SINGOSARI- Pelaku pencurian spesialis rumah kosong, Kamis (26/12) ditangkap jajaran Reskrim Polsek Singosari. Tersangkanya bernama Dwi Prasetyo, 26 tahun, warga Jalan Ikan Tombro, Malang. Dia tertangkap tangan petugas, saat menjalankan aksinya di rumah kosng yang terletak di Dusun Gembrung, Desa Tunjungtiro, Singosari.  Dari tangan tersangka, petugas mengamankan barang bukti berupa satu buah TV, dua buah kompor gas, satu buah speaker, tiga buah panci besar, satu buah pemanas air, satu buah LPG berukuran tiga kilogram, dua panci besar dan linggis buat mencongkel rumah.
“Tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian pemberatan (curat), yang ancaman hukumannya minimal lima tahun penjara,” kata Kapolsek Singosari AKP Decky Hermansyah. Informasi yang dihimpun, tersangka menjalankan aksinya Kamis (26/12) sekitar pukul 02.00. Menggunakan becak, pria tersebut menghampiri rumah kosong milik Susana, 38 tahun. Rumah tersebut kosong, karena kesehariannya hanya digunakan pemiliknya untuk membuka usaha warung makanan yang buka hingga sore.
Tersangka yang tahu sejak awal rumah itu kosong tiap malamnya, menjadikan sasaran niat jahatnya. Berbekal linggis, tersangka menyaru sebagai pemulung ini mencongkel jendela depan rumah tersebut. Setelah terbuka, otomatis tersangka masuk ke dalam. Seketika itu juga, tersangka menguras barang yang ada di dalam rumah tersebut. Namun, aksinya tanpa disadari oleh tersangka diketahui warga setempat yang kemudian melaporkannya ke Polsek Singosari. Mendapati laporan itu, petugas langsung meluncur ke lokasi kejadian dan meringkusnya. Tersangka yang kedapatan tangan, tidak bisa berbuat apa-apa serta pasrah digelandang ke Mapolsek Singosari.
Hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik, tersangka nekat menjalankan kejahatan tersebut lantaran terhimpit kebutuhan ekonomi. “Tersangka mengaku kepepet butuh uang untuk membayar utang. Sehingga nekat melakukan pencurian,“ terang Decky.  Diduga, tersangka tidak sekali ini melakukan pencurian di rumah kosong. Pasalnya, tersagka paham betul dengan keadaan rumah tersebut. Termasuk peralatan berupa becak dan linggis yang sudah disiapkan tersangka sebelumnya. (big/mar)