Sindikat Luar Kota Digulung

SINDIKAT: Enam tersangka narkoba ditunjukkan kepada wartawan.

BATU -  M. Slamet, 36 tahun, warga Dusun Glatik, Desa Glagahsari, Sukorejo, Pasuruan dan Khusnul Khotimah, 24 tahun, warga Dusun Tarmiaji, Trawas, Mojokerto merayakan tahun baru di jeruji besi Polres Batu. Pasangan suami istri ini tertangkap pesta SS di kamar kos Jalan Lahor, Desa Pesanggrahan. Di tempat itu pula, anggota Satreskoba Polres Batu juga mengamankan Wahyudi, 30 tahun, sopir Slamet yang tinggal di Jalan Wiroguno, Gadingrejo, Pasuruan.
Dari tangan Slamet, diamankan barang bukti 2 poket kecil SS, dua butir ineks, uang tunai Rp 2 juta, beberapa ponsel dan 2,9 gram SS. Sedangkan Ima, sapaan akrab Khusnul Khotimah, diamankan berupa satu bong alat isap (baru saja digunakan). Sementara dari tangan Wahyudi berhasil menemukan dua butir ineks. Menurut Wakapolres Batu, Kompol MP Sitanggang, penangkapan ketiga tersangka ini hasil dari pengembangan penangkapan tersangka Danny Firmawan, 35 tahun, broker property warga Jalan Teratai Gang V Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.
Dia ditangkap di salah satu villa di Songgoriti saat menikmati liburan bersama anak dan istrinya. Dari tangannya, berhasil diamankan dua poket SS, 25 butir ineks (7 warna merah) dan 19 gram SS.
Sitanggang mengungkapkan, komplotan narkotika yang ditangkap ini merupakan sindikat luar kota Batu yang memanfaatkan momen tahun  baru untuk mengedarkan narkoba di Batu. Dalam  waktu bersamaan, Satreskoba juga menangkap dua pengedar ganja, yakni  Rochmad Purnomo, warga Dusun Krajan, Desa Kedungsalam, Donomulyo dan Akmaluddin, warga Dusun Banjardowo, Jombang.  Dari tersangka Rochmad disita satu poket besar ganja yang dibungkus warna coklat dan lima poket ganja dibungkus plastik bening.
Sedangkan dari Akmaluddin, polisi mengamankan satu poket ganja dibungkus kertas cokelat dan satu helm warna kuning. Keduanya ditangkap bersamaan tanggal 10 Desember lalu di wilayah Kota Batu. Sitanggang menambahkan, tahun 2013 ini saja pihaknya sudah berhasil menangani kasus sebanyak 27 dengan tersangka 38 orang. (mik/mar)