Polsek Karangploso Sita 555 Botol Minol

KARANGPLOSO – Malam pergantian tahun seringkali digunakan untuk pesta miras. Untuk mengantisipasi hal itu, Polsek Karangploso berhasil menyita 555 botol minuman beralkohol (Minol) dari berbagai jenis, merek dan ukuran. Ratusan botol itu disita di tiga tempat berbeda.
Di Pasar Karanploso petugas menyita 389 botol, di Desa Kepuharjo 30 botol dan Desa Tawangargo 133 botol. Selain menyita ratusan miras tersebut, petugas juga memberikan sanksi berupa sidang tidak pidana ringan (Tipiring) bagi tiga penjualnya,
“Untuk para pelakunya, kami kenakan sidang tipiring. Lantaran menjual tanpa mempunyai izin yang melanggar Peraturan Kementerian Perdagangan Pasal 31 No 43 tahun 2009. Serta melanggar Peraturan Kementerian Kesehatan, tentang minuman beralkohol,” ujar Kapolsek Karangploso AKP Sugeng Herdiyanto kepada Malang Post.
Ketiga pelaku yang dikenakan sidang Tipiring antara lain, Hermawan Wahyu Dinantara, 26 tahun, warga Dusun Ngambon RT 15 RW 4 Desa Girimoyo Kecamatan Karangploso, yang berjualan miras di Toko Harapan Jaya Pasar Karangploso. Warimin, 57 tahun, warga Jalan Pertamanan Desa Kepuharjo Kecamatan Karangploso. Terakhir Bambang, 19 tahun, warga Desa Tawangargo Kecamatan Karangploso.
Dijelaskannya razia minuman keras ini digelar menjelang malam pergantian tahun  Selasa (31/12) lalu hingga Rabu (1/1) kemarin. Razia ini digelar dengan tujuan untuk menekan angka kriminalitas baik saat malam pergantian tahun maupun selanjutnya.
Menurutnya, razia tersebut sudah sesuai instruksi dari Mapolres Malang.
“Razia kami lakukan di beberapa tempat. Sedangkan untuk tiga tempat tadi, memang menjadi target operasi (TO) kami,“ ujarnya.
Tiga tempat yang menjadi TO tersebut, menurutnya selama ini memang kerap kali menjual miras. Terutama saat even libur hari raya keagamaan dan libur tahun baru seperti sekarang. Akibat beredarnya miras yang banyak di masyarakat, dikhawatirkan akan menambah angka kriminatlitas seperti penganiayaan dan pencurian.
“Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kami melakukan razia langsung kepada para penjualnya yang tidak mempunyai izin,“ tegasnya.
Ratusan miras yang berhasil diamankan itu, nantinya akan dikirim ke Mapolres kemudian untuk dimusnahkan. (big/aim)