Pesta SS Digrebek, Bandar Lolos Kabur

SINGOSARI - Satuan Reskoba Polres Malang, akhir pekan kemarin menangkap seorang kurir narkotika jenis sabu-sabu (SS). Tersangkanya Wawan Wiyoko, 35 tahun, warga Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari. Dia dibekuk petugas ketika sedang asyik pesta SS bersama seorang rekannya.
Dari tangannya, polisi mengamankan barang bukti berupa tiga poket SS dibungkus plastik. Sementara seorang temannya yang diduga sebagai pengedar berhasil kabur ketika polisi datang menggrebek.
"Dia (Wawan, red) kami tangkap berdasarkan informasi masyarakat bahwa ada pesta narkoba jenis SS di depan rumah warga. Dari informasi tersebut, kami lalu melakukan penyelidikan. Begitu benar dan tersangka lagi asyik menghisap SS, langsung kami amankan. Sementara temannya kabur dan kini sedang kami buru," ungkap Kasatreskoba Polres Malang, AKP Samsul Hidayat.
Dalam pemeriksaan penyidik, Wawan yang pernah dihukum tahun 2011 karena kedapatan membawa senjata tajam, mengaku kalau dirinya hanya kurir. Sabu-sabu yang dihisapnya diakui milik temannya yang kabur. Dia hanya diminta mengambilkan SS oleh temannya, dan sebagai komisinya diajak pesta SS.
"Saya mengambil SS itu di bawah pot bunga di pinggir jalan raya Desa Bedali Lawang. Setelah itu saya berikan kepada teman saya, kemudian untuk komisinya diajak menghisap SS bareng. Tetapi baru tiga kali menghisap, sudah ditangkap polisi," tutur Wawan Wiyoko.
Sementara itu, akibat perbuatannya Wawan dijerat dengan Pasal 112 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang kedapatan narkotika. Ancaman hukumannya, minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun kurungan penjara.(agp/aim)