11 Kali Mencuri, Pemuda Gedangan Dimassa

Polisi menahan Darmaji dan Rico dan menunjukkan barang bukti pencuriannya

MALANG- Rico Ahmad Jauri, 21 tahun, warga Dusun/Desa Sindurejo, Gedangan dihajar massa di depan warnet Evergreen, Ruko Soekarno Hatta Malang, Rabu (9/1) dini hari. Pemuda ini ketahuan mencuri motor Yamaha Vixion, W 3165 YA milik Cheriza Haryo Yudanto, 23 tahun,  warga Kedung Wonokerto, Prambon, Sidoarjo yang sedang mengunjungi warnet tersebut. Selain Rico, petugas juga menangkap Darmaji, 22 tahun, warga Dusun Sumberpelus, Desa Sindurejo, Gedangan.
Dia hanya menyerah ketika petugas mendatangi rumahnya. Menurut Kapolsekta Lowokwaru, Kompol Ali Machfud SIK, anggotanya mengamankan barang bukti kunci T dan motor milik korban. “Dua pelaku yang ikut melakukan pencurian, berinisial W dan S masih diburu,” katanya. Dijelaskan dia, menjelang dini hari itu, Rico dan tiga temannya naik dua motor mencari sasaran. Pandangan mata mereka tertuju kepada motor milik Cheriza. Rico turun dari motor dan mendatangi motor tersebut.
Sekali sentak, kunci T yang dibawanya menjebol lubang kunci kontak. Namun aksinya dipergoki jukir dan beberapa petugas keamanan di tempat tersebut.  Tak pelak, dia pun kabur sambil meninggalkan motor yang dicurinya. Sedangkan tiga temannya memilih melarikan diri sambil mengendarai motornya. Apes bagi Rico karena dia masuk ke jalan buntu. Tanpa banyak kata, massa yang mengejarnya pun memukulinya. Anggota Polsekta Lowokwaru yang datang setelah mendapat laporan, berhasil mengamankan pemuda itu dari hajaran massa.
“Dalam pemeriksaan, dia mengaku sudah 11 kali mencuri motor di kota Malang selama tiga bulan ini,” terangnya.  Menurut Ali, tersangka merupakan mantan wartawan. Sedangkan tersangka Darmaji merupakan mantan PHL di salah satu polsek di wilayah Kabupaten Malang. Dia menegaskan, anggotanya juga mengamankan barang bukti berupa protolan aksesori motor berbagai merek dari rumah S yang sedang diburu. “Kami sedang memburu penadahnya,” pungkas dia. (mar)