Empat Kendaraan Curian Kacong Kembali Diamankan

Petugas menunjukan barang bukti kendaraan sepeda motor yang berhasil diamankan

KARANGPLOSO- Jajaran Buser Reskrim Polsek Karangploso, Kamis (16/1) kemarin, kembali berhasil menyita sejumlah kendaraan bermotor yang diketahui hasil curian di Perumahan Griya Permata Alam (GPA) Karangploso. Keberhasilan itu, merupakan pengembangan dari tersangka Andika alias Yudi dan Tamid alias Kacong, yang tertangkap di Kota Batu beberapa waktu lalu.
Kanit Reskrim Polsek Karangploso Iptu Engkos Kosasih mengatakan terdapat empat kendaraan yang berhasil diamankan, sepeda motor Suzuki Satria FU tanpa nopol, sepeda motor Honda CB 100 nopol N 4460, mobil pickup Mitsubishi T 120 SS tanpa nopol dan mobil pickup Mitsubishi L300 juga tanpa nopol.
“Untuk dua sepeda motor dan satu mobil pickup Mitsubishi L300, tempat kejadian perkara (TKP) di Karangploso. Sedangkan untuk mobil pickup Mitsubishi T 120 SS, kami limpahkan ke Kota Batu karena TKPnya di sana, setelah dilihat melalui nomor rangka mesin,“ ujar Iptu Engkos Kosasih kepada Malang Post kemarin.
Menurutnya, setelah tertangkap pada Minggu (11/1) lalu, tersangka terus dicecar pertanyaan oleh penyidik. Saat itu, petugas menduga, bahwa kedua tersangka beraksi dibanyak TKP dan lintas daerah. Dugaan penyidik itu ternyata benar.
Kedua tersangka yang diinterogasi, akhirnya mau menunjukan tempat persembunyian beberapa kendaraan hasil curian itu. “Awalnya mereka bersikukuh tidak melakukan pencurian. Namun, kami mempunyai beberapa alat bukti dan dikuatkan dengan laporan kehilangan, mereka tidak bisa mengelak lagi,“ bebernya.
Dijelaskannya, masih terdapat beberapa tempat yang menjadi persembunyian kendaraan hasil pencurian yang mereka lakukan. Termasuk di Probolinggo, yang menjadi tempat persembunyian beberapa kendaraan hasil curian lintas daerah. Sedangkan untuk tempat persembunyian di Malang Raya masih terus menggalinya.
“Kedua pelaku menjalankan aksinya di berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur. Dalam waktu dekat, kami akan bergerak ke Probolinggo, untuk mengambil beberapa barang bukti yang diakui oleh keduanya disembunyikan di tempat tersebut,“ jelasnya. Pihaknya pun sekarang berusaha melakukan pengembangan ke nama pelaku lain.
Sedangkan dari pengakuan kedua tersangka dihadapan penyidik yang memeriksanya, mereka menjalankan aksinya secara bersama-sama sejak tahun 2011. “Tersangka Tamid alias Kacong merupakan spesialis pencurian mobil. Sedangkan tersangka Andika alias Yudi merupakan spesialis pencurian sepeda motor,“ imbuhnya.
Selama melakukan aksinya, mereka tidak pernah kedapatan tangan maupun tertangkap. Keduanya berhasil tertangkap, setelah kedapatan terekam CCTV, gagal melakukan pencurian truk di di Jalan Diponegoro 111 Desa Girimoyo. (big/aim)