Ban Gembos, Rp 55 Juta Raib

MALANG - Hati-hati saat mengambil uang dalam jumlah banyak di bank. Sebab, pencuri dengan modus menggembosi ban mobil masih terjadi. Buktinya kemarin, pencuri berhasil menggasak uang Rp 55 juta milik PT. Tenaga Baru di Jalan Ahmad Yani Malang. Kasus ini pun dilaporkan ke Mapolseta Blimbing. Informasi yang didapat, Christian Suryoso, 47 tahun, bagian keuangan PT. Tenaga Baru dan sopirnya, Ahwandi, 65 tahun mengambil uang Rp 55 juta di BCA Blimbing.
Setelah selesai, mereka kembali ke kantornya dengan mengendarai mobil Isuzu Panther, N 416 AL. Saat hendak balik arah di Jalan Ahmad Yani, Ahwandi mengaku ban kiri belakang mobil yang dikemudikannya gembos. “Saya tetap mengendarai mobil dan berhenti di depan tambal ban yang tidak jauh,” terangnya kepada polisi. Dia pun menemui tukang tambal ban, sedangkan Christian ikut turun meninggalkan mobil dan menelpon kantornya. Diduga saat itulah, pencuri beraksi.
Uang operasional PT. Tenaga Baru yang disimpan di laci dashboard mobil, diambil. “Pelakunya mungkin masuk ke dalam mobil lewat pintu sopir karena pintu mobil memang tidak terkunci,” lanjut Ahwandi. Mengetahui mobilnya dibobol, Christian dan Ahwandi pun melaporkan kejadian itu ke Mapolsekta Blimbing. Dia sempat menunjukkan ban belakang sebelah kiri yang diduga digembosi pelakunya.
Kapolsekta Blimbing, Kompol Agus Guntoro mengingatkan kepada masyarakat untuk mewaspadai ban gembos ketika mengendarai mobil saat membawa uang banyak. Sebab, hampir 100 persen, hal ini merupakan modus pelaku pencurian. “Jangan sekali-kali meninggalkan uang di dalam mobil ketika ban gembos. Lebih baik tetap kendarai mobil hingga ke pos polisi terdekat. Kami juga tekankan agar memakai jasa polisi untuk pengawalan,” terangnya. (mar)