400 Polisi Amankan Perayaan Imlek

KEPANJEN – Sebanyak 400 personil disiapkan Polres Malang untuk pengamanan Hari Raya Imlek, pada 31 Januari nanti. Mereka akan disiagakan mulai H-1 sampai H+1 perayaan Imlek. Hal itu seperti yang disampaikan Kapolres Malang, AKBP Adi Deriyan Jayamarta, kemarin.
Mantan penyidik KPK ini menyampaikan, personil yang terlibat dalam pengamanan Imlek ini, akan disebar di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Malang. Seperti di tempat ibadah klenteng di Kecamatan Lawang, serta tempat wisata Gunung Kawi di Kecamatan Wonosari.
“Beberapa personil nanti, juga kami sebar di beberapa ruas jalan untuk mengatur lalu lintas. Karena perayaan Imlek ini bersamaan dengan hari long weekend, sehingga dipastikan banyak arus kendaraan akan ramai. Tempat wisata yang selama ini ramai dikunjungi warga, juga menjadi perhatian pengamanan kami. Termasuk kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan Imlek,” terang Adi Deriyan.
Ditambahkan dia, untuk pengamanan di tempat ibadah Klenteng dan Gunung Kawi akan dilakukan nonstop selama 24 jam. Pengamanan di Klenteng, setiap harinya akan dijaga lima personil. Sedangkan di Gunung Kawi, karena biasa menjadi jujugan warga dari luar kota, akan disiagakan sekitar 15 personil.
“Nantinya mendekati Imlek kami juga akan terus melakukan giat razia dibeberapa titik masuk wilayah Kabupaten Malang. Razia ini melibatkan gabungan beberapa petugas, karena dengan skala besar. Sasarannya semua kendaraan yang masuk wilayah Kabupaten Malang, akan diperiksa untuk mengantisipasi masuknya pelaku kejahatan seperti teroris,” jelas mantan Kapolres Madiun Kota ini.(agp/aim)