Mohon Ma'af, website sedang perbaikan.
Dapatkan Update Berita Terbaru di :
        www.malangpost.net

Razia Miras di Toko Modern

BATU – Pemkot Batu menghimbau toko modern tidak mendisplay minuman keras secara terbuka. Permintaan tersebut bertujuan agar miras tidak mudah terlihat hingga dibeli oleh orang-orang yang masih di bawah umur.
Dalam waktu dekat, tim gabungan dari pemkot Batu siap melakukan razia toko modern soal display miras tersebut. Tim gabungan bisa terdiri dari Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM, Satpol PP dengan menggandeng Lembaga Perlindungan Konsumen Kota Batu.
‘’Kita lihat dulu Perdanya. Itu karena Perda tentang miras yang melandasi kami bergerak,’’ ungkap M Chori, Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM.
Menurutnya, Perda Miras Kota Batu tidak pernah melarang penjualan miras, tetapi cukup mengatur. Masalahnya, peraturan-peraturan di atas Perda juga tidak melarang peredaran, tetapi harus ada pengaturan. Jika Perda Kota Batu melarang peredaran miras, hal itu akan bertentangan dengan aturan-aturan di atasnya.
Meski tidak ada larangan, namun penjual tetap saja tidak boleh seenaknya dalam melakukan penjualan. Misalnya, penjualan dilakukan dengan display terbuka, hal itu tidak boleh. ‘’Kami mendapatkan laporan dari masyarakat, miras pada toko modern di display secara terbuka. Bahkan banyak miras di display dengan dengan susu. Kondisi seperti ini tentu akan mengundang pengunjung, malahan anak-anak untuk untuk tertarik membeli. Kalau toko modern itu menjual miras, sebaiknya diberikan tempat khusus,’’ tegas mantan Kepala BKD Kota Batu ini.
Pihaknya juga menghimbau, tidak semua pengunjung boleh membeli miras. Mereka hanya orang yang sudah dewasa boleh membeli miras di toko modern, seperti Indomart dan Alfamart. Setidaknya, miras ditempatkan pada lokasi yang tersembunyi sehingga pengunjung harus tanya terlebih dahulu jika ingin membeli miras itu.  
‘’Apalagi jika toko modern itu berada di dekat tempat peribadatan, lebih baik tidak menjual miras,’’ tegas dia. (feb)

Please publish modules in offcanvas position.