Tangkap Tangan Illegal Logging

SUMAWE – Seorang nelayan Pantai Sendangbiru, Sukari, kemarin diamankan petugas Polsek Sumbermanjing Wetan. Warga Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan ini, ditangkap kemudian dijebloskan ke dalam penjara setelah tertangkap tangan mencuri kayu hutan jenis sengon.
Pria berusia 41 tahun ini, diamankan setelah tertangkap tangan mencuri kayu di hutan lindung petak 85 di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan. Dari tangan Sukari saat ditangkap di TKP, polisi mengamankan barang bukti satu glondong kayu sengon sepanjang 8 meter serta alat kapak dan gergaji.
“Namun ketika kami kembangkan dengan menggeledah rumahnya, kami menemukan 14 batang kayu lagi yang ditumpuk di belakang rumahnya,” ujar Kapolsek Sumbermanjing Wetan, AKP Farid Fathoni.
Mantan Kapolsek Pakisaji ini mengatakan, penangkapan Sukari ini, berawal dari gabungan petugas Polsek Sumbermanjing Wetan dan Polisi Hutan (Polhut) melakukan patroli di sekitar hutan Dusun Rowotrate. Petugas patroli karena di hutan tersebut sering terjadi pencurian kayu.
Banyak batang pohon sengon yang hilang dicuri karena ulah orang yang tidak bertanggungjawab. Apalagi penyebab sering terjadinya banjir di daerah ini, juga karena banyak pohon di hutan yang hilang karena dicuri.
“Dari pemeriksaan sementara, tersangka mengaku baru sekali saja mencuri. Tetapi kami tidak percaya karena di rumahnya banyak ditemukan kayu hutan yang diduga juga hasil mencuri. Dan kami akan terus mengembangkan kasusnya, apakah ada pelaku pencurian lainnya. Termasuk mencari tahu penadah (pembeli) dari kayu hasil curian itu,” terang Farid, yang juga mantan Waka Polsekta Klojen ini.(agp/aim)