Awas Sindikat Pencurian Terumbu Karang

MALANG – Sindikat pencurian terumbu karang di pesisir pantai wilayah Malang Selatan, ternyata tidak hanya dilakukan oleh kelompok Satuin Cs. Dari hasil perkembangan penyelidikan Satreskrim Polres Malang, masih ada kelompok sindikat lain yang berburu bangunan karang tempat hidup ikan laut tersebut.
Sabtu malam lalu, polisi menggrebek rumah kelompok sindikat lainnya berinisial PN, di Desa Srigonco Kecamatan Bantur. Namun usaha penggrebekan itu, tidak membuahkan hasil. Pasalnya PN dan kelompoknya sudah lebih dulu kabur, sebelum petugas datang. Dugaannya, PN kabur setelah mengetahui kelompok Satuin Cs ditangkap.
Polisi hanya berhasil mengamankan beberapa barang bukti dari dalam rumah PN. Diantaranya terumbu karang sebanyak 320 biji yang sudah siap jual, peralatan selam serta satu buah tabung oksigen. Agar tidak mati, barang bukti terumbu karang tersebut, dititipkan di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang.
“Untuk PN yang kami grebek semalam (Sabtu malam, red) ini, berbeda dengan kelompok sindikat Satuin Cs. PN ini memiliki sindikat lain, termasuk pengepul terumbu karang hasil curian tersebut,” ungkap Kasatreskrim Polres Malang AKP Muhammad Aldy Sulaeman SIK.
Mantan tenaga pendidik (Gadik) SPN Brimob Polda Jatim ini menambahkan, selain kelompok Satuin Cs dan kelompok PN yang kabur saat digrebek, dimungkinkan masih ada kelompok sindikat lain. Ini yang saat ini masih terus dikembangkan oleh polisi. Karena berdasarkan laporan masyarakat, ada beberapa kelompok sindikat pencurian terumbu karang.
“Dari perkembangan penyelidikan, terumbu karang yang dicuri di pesisir pantai oleh kelompok PN tersebut juga dijual ke Banyuwangi dan Bali. Namun sudah berapa kali pencurian terumbu karang yang dilakukan oleh kelompok PN ini, masih belum tahu,” tutur Aldy.
Sekedar diketahui, sindikat pencurian terumbu karang di pesisir pantai yang berada di wilayah Malang Selatan, Sabtu siang lalu berhasil dibongkar Satreskrim Polres Malang. Tiga orang pelakunya berhasil diamankan polisi. Termasuk barang bukti sekitar 400 buah terumbu karang yang sudah dikemas dalam kantong plastic.(agp)