DPO Pencuri Besi Ditangkap

MALANG – Pelarian Nanang Saiful Arif alias Doyok selama tiga bulan ini, akhirnya berakhir kemarin. Pria 31 tahun yang kesehariannya bekerja sebagai sopir truk tebu ini, dibekuk petugas Buser Polres Malang di sekitar GOR Ken Arok Kecamatan Kedungkandang.
Warga Jalan Sekar Putih, Kelurahan Wonokoyo Kecamatan Kedungkandang ini, ditangkap karena terlibat kasus pencurian besi di lokasi Pabrik Gula (PG) Kebonagung Pakisaji, pada Nopember 2013 lalu. Sementara dua pelaku lainnya berinisial YK dan HM, hingga kemarin masih buron.
“Tersangka Doyok ini kami tangkap setelah mendapat informasi tentang keberadaannya. Barang bukti yang kami amankan ada beberapa potongan besi,” ujar AKP Muhammad Aldy Sulaeman.
Kasatreskrim Polres Malang ini, mengatakan dalam pemeriksaan Doyok tidak hanya sekali melakukan pencurian besi. Dari catatan polisi, dia tujuh kali melakukan pencurian besi. Selain itu, Doyok juga terlibat kasus pencurian hewan sapi di Desa Genitir Kecamatan Pakis awal Januari lalu.
“Pencurian hewan sapi ini dilakukan bersama dua temannya yang berbeda, berinisial KN dan RW yang kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) kami,” tutur mantan tenaga pendidik (Gadik) SPN Brimob Polda Jatim ini.
Terpisah, saat ditanya Doyok memang mengakui perbuatan pencurian besi. Dari tujuh kali aksi pencurian besi, dia mengaku belum mendapat keuntungan karena besi curian masih belum dijual. “Sedangkan kalau kasus pencurian sapi, saya hanya bertugas sebagai sopir saja tidak ikut mencuri,” ujar Doyok.(agp/aim)