Berkas Sugik Dilimpahkan Kejaksaan

KEPANJEN – Kasus pengeroyokan yang melibatkan anggota DPRD Kabupaten Malang, Sugiyanto, akan memasuki babak baru. Hari Senin (17/2) besok, berkas perkara politisi dari Fraksi Partai Golkar ini akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen.
“Senin nanti (besok, red) berkas perkaranya akan kami limpahkan tahap satu ke Kejaksaan, karena sudah kami anggap lengkap,” ujar Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman SIK kepada Malang Post kemarin.
Aldy mengatakan, berkas perkara yang dilimpahkan tahap satu ini akan diteliti oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Jika dari pemeriksaan JPU ada yang masih dianggap kurang dalam isi materi perkara, maka akan disampaikan kepada penyidik untuk segera melengkapinya.
Namun jika berkas perkara tersebut sudah dianggap lengkap (sempurna), maka penyidik akan segera melimpahkan tahap kedua bersama dengan tersangkanya. “Berkas perkara pengeroyokan Sugiyanto itu, menjadi satu dengan Sumadi, adiknya yang turut menjadi tersangka kasus pengeroyokan,” jelas mantan tenaga pendidik (Gadik) SPN Brimob Polda Jatim ini.
Sekedar diketahui, setelah melalui proses penyidikan panjang, kasus pengeroyokan yang dilaporkan oleh Untung, pada akhir Oktober 2013 lalu, di warung kopi Desa Srigonco Kecamatan Bantur akhirnya Polres Malang menetapkan dua tersangka. Yaitu Sugiyanto, anggota DPRD Kabupaten Malang serta adiknya Sumadi.
Keduanya tersangka ini pun sebelumnya juga sudah dimintai keterangan pada Selasa 4 Februari lalu selama delapan jam. Namun usai pemeriksaan, polisi tidak langsung menahan Sugik panggilan akrab Sugiyanto, melainkan hanya mewajibkan lapor setiap Senin dan kamis. Penyidik hanya menahan Sumadi, adiknya. Pertimbangan penyidik, karena menganggap Sugik tidak akan lari. Dia bersikap kooperatif dan pekerjaannya jelas sebagai anggota DPRD Kabupaten Malang.(agp/nug)