Maling Kotak Amal, Nyaris Dimassa

Tersangka bersama barang bukti

JABUNG - Perbuatan pria yang satu ini jangan ditiru. Saat banyak orang berlomba-lomba beramal, dia malah mencuri kotak amal. Itulah yang dilakukan Imam Buchori, warga Dusun Bayang Ledok RT 29/ RW 03 Desa Pandansari Lor Kecamatan Jabung . Pria berusia 34 tahun ini, nyaris dimassa setelah ketahuan mencuri uang kotak amal yang berada di Masjid Babul Salam di Dusun Luring, Desa Sukopuro, Kecamatan Jabung, kemarin sore. Dari tangan tersangka, petugas mengamankan barang bukti berupa uang sebesar Rp 50 ribu, catut dan linggis kecil.
 "Tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP yang ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara," ujar Kapolsek Jabung AKP Yatmo kepada Malang Post kemarin.
Informasi yang berhasil dihimpun, tersangka melakukan salat Ashar di masjid tersebut sekitar pukul 15.30. Warga tidak menaruh curiga kepada tersangka, karena tersangka selama ini juga ikut salat kedalam masjid. Saat sepi, tersangka berusaha mencongkel kotak amal, tapi ada warga yang mengetahui.
Warga tidak langsung menangkapnya, namun menunggu tersangka hingga dapat mengambil uang kotak amal tersebut. Setelah tersangka mendapatkan uangnya, warga yang sudah mengintip dari jauh ini kemudian menangkap tersangka. Tersangka tak dapat mengelak saat ditangkap warga. Untuk menghindari amuk massa tersangka diamankan ke salah satu rumah warga. Hingga akhirnya polisi datang untuk membawanya ke Polsek Jabung.
Menurut pengakuan tersangka kepada penyidik, ia sudah beberapa kali melakukan pencurian uang kotak amal di Masjid Babul Salam. Namun baru kali ini tertangkap. Ia nekad mencuri karena kebutuhan ekonomi. Selama ini tersangka bekerja sebagai tukang batu yang hasilnya tak seimbang dengan kebutuhan ekonomi yang semakin mahal.
"Uangnya, rencana saya buat beli beras dan membayar hutang. Ya mau bagaimana lagi, pekerjaan saya sebagai tukang batu, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," kilah tersangka. (big/aim)