Jelang Pemilu, Periksa Senpi

MALANG - Secara mendadak, Kapolda Jatim, Irjen Pol Unggung Cahyono memerintahkan kepada semua kapolres di jajarannya untuk melakukan pemeriksaan senjata api (senpi) para anggotanya.  Pemeriksaan senpi secara insidentil ini, dilakukan terkait dengan persiapan pengamanan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun ini. “Salah satu astabrata adalah siap sarana dan prasarana, yakni senpi. Ini yang sekarang secara mendadak dilakukan pemeriksaan agar semua pemegang senpi siap setiap saat,” tutur Kabag Ops Polres Malang Kota, Kompol Sunardi Riyono SH.
Dia menjelaskan, tugas kepolisian tidak hanya di kantor saja. Melainkan juga berada di lapangan. “Kesiapan senpi ini sangat penting karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi,” lanjutnya. Pemeriksaan senpi sendiri, tidak dilakukan hanya kepada para pemegangnya saja, namun semua senpi laras panjang, laras pendek serta peluru yang ada di gudang tidak luput diperiksa. “Semuanya dihitung agar nanti bila ada anggota yang membutuhkan dan layak diberi senpi, segera diberikan untuk melakukan tugas pengamanan pemilu,” tegas Nardi, sapaan akrabnya.
Mantan Kasatreskrim Polres Malang ini mengungkapkan selain memeriksa senpi yang dipegang anggotanya, namun pihaknya juga memeriksa surat izin pemegangnya. “Ada yang memang surat izinnya habis. Pemegangnya harus segera mengajukan perbaharuan izin dengan beberapa persyaratan. Sebab, senpi ini ibaratnya ‘istri pertama’ yang harus dibawa kemana-mana kita melangkahkan kaki. Tetap harus menempel di badan kita,” pungkasnya. (mar)