Polisi Periksa PPK Donomulyo

Dua petugas PPL Desa Banjarejo dan tiga petugas PPK Kecamatan Donomulyo, usai diperiksa penyidik sebagai saksi.

MALANG – Penyidik Reskrim Polres Malang mengebut penyidikan kasus pidana pelanggaran pemilu yang dilakukan Calon legislative (Caleg) DPRD Provinsi Jatim Dapil 5 nomor urut 1, Ir Moch Syamsul Arif MM. Setelah memeriksa George da Silva, komisioner Panwaslu Kabupaten Malang sebagai pelapor, kemarin giliran tiga petugas PPK Kecamatan Donomulyo serta dua petugas PPL Desa Banjarejo yang dimintai keterangan penyidik sebagai saksi.
Mereka adalah Andik Suciono, Irwanto serta Widianto. Ketiganya ini adalah petugas PPK Kecamatan Donomulyo. Lalu kedua petugas PPL Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo adalah Dwi Susilo serta Siswanto. Mereka berlima dimintai keterangan mulai pukul 08.30 sampai 12.00.
“Kami dijadikan saksi untuk dimintai keterangan, karena kami yang melaporkan dugaan pelanggaran ke Panwaslu Kabupaten Malang. Dan kami melihat sendiri pemberian bantuan sembako kepada warga,” ungkap Andik yang dibenarkan oleh keempat saksi lainnya.
Menurut keterangan mereka, kampanye yang dilakukan Caleg dari Partai Hanura ini, diadakan di rumah salah satu panitia karang taruna Samsul Arifin, mulai pukul 14.00 sampai 16.00. Dalam kampanye, selain membagikan sembako serta memberi santunan kepada 20 anak yatim, dia juga menjanjikan sesuatu kepada warga jika dirinya mendapatkan kursi di DPRD Provinsi Jatim.
“Dia menjanjikan akan merenovasi Masjid. Membangun jalan desa serta memberikan bantuan kepada karang taruna di Desa Banjarejo,” terangnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, Syamsul dilaporkan Panwaslu Kabupaten Malang ke Polres Malang, Kamis malam lalu. Caleg dari Partai Hanura ini, dilaporkan setelah terbukti melakukan tindak pidana pelanggaran pemilu secara terang-terangan, membagikan sembako kepada 250 warga yang terdiri dari, petani kelapa sawit, jamaah masjid, lansia, serta kepada karang taruna. Dia juga memberi santunan pada 20 anak yatim, serta memperagakan pencoblosan kertas surat suara dengan menunjukkan gambarnya.(agp/aim)