Pelaku Pembunuhan Janda dalam Drum Ditangkap

MALANG POST - Polres Kediri Kota berhasil mengungkap kasus pembunuhan janda yang ditemukan di dalam drum. Pelaku tak lain teman korban yang terlibat transaksi jual-beli mobil. Data dari Polres Kediri Kota, pelaku bernama Ahmad Zainul Ibad (22). Pelaku mengaku membunuh Eko Rofita (32) asal Dusun Kapurejo, Desa Pagu, Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri karena jengkel usai ditagih uang pembayaran mobil mercedes yang dibeli SF(50) yang diakui pelaku selaku pamannya.
“Saya jengkel karena terus ditagih uang dari penjualan mobil oleh korban. Seharusnya saya sudah tidak bertanggung jawab atas transaksi itu,” aku Ibad panggilan akrab pelaku sambil menangis ketika gelar perkara di Mapolres Kediri Kota, Minggu (16/3/2014)
Ibad menambahkan, sebelum dihabisi, korban datang sendirian di rumah orang tuanya di Kelurahan Bandar Kidul. Korban terus menanyakan keuangan mobil yang dibeli pamannya. Merasa terdesak selanjutnya naik pitam hingga mencekik leher korban hingga tidak sadarkan diri. Karena kebinggungan, kemudian Ibad mengikat dan memasukan tubuh korban ke dalam sebuah drum. Selanjutnya pelaku mengisi drum dengan pasir dan menutup dengan adonan semen dengan batu dan pasir.
Terpisah Kapolres Kediri Kota AKBP Budhi Herdi Susianto mengatakan, pihaknya masih mendalami keterangan pelaku apakah aksinya telah direncanakan atau tidak dan apakah ada orang lain yang turut serta membantu pelaku dalam aksii pembunuhan itu. “Sampai saat ini masih mendalami keterangan pelaku dan berusaha mencari keberadaan AL yang masih diluar pulau untuk diketahui sejauh mana proses transaksi jual beli mobil yang dibelinya tersebut ,” ujar Kapolres.
Mantan penyidik KPK itu menambahkan, bila nanti memang ada yang ikut membantu dalam aksi pembunuhan itu, maka dapat dijerat dengan pasal 338 KUHP tentang pembunuhan jo 55-56 KUHP tentang keikutsertaan dalam tindakan kejahatan itu. (jpnn/udi)