Tiga Pria Bercadar Rampok Alfamart Lawang

LAWANG - Kawanan rampok pertokoan modern kembali beraksi. Bila sebelumnya sasaran perampokan adalah Indomaret, kini ganti Alfamart di Jalan Dr Cipto, Desa Bedali, Lawang yang menjadi sasarannya. Akibat kejadian tersebut, Alfamart mengalami kerugian lebih dari Rp 18 juta. Saat ini, kasus tersebut sudah ditangani unit reskrim Polsek Lawang dibackup Satreskrim Polres Malang. “Begitu mendapat laporan, kami langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP),” ujar Kanitreskrim Polsek Lawang, Iptu Imron SH Mhum.
Informasi yang dihimpun, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 00.30, saat kondisi di pertokoan modern itu sepi pembeli. Di tempat tersebut, hanya ada dua orang karyawan yang menjaga yaitu Purwanto, 29 tahun dan Septian, 23 tahun. Saat itulah, sebuah mobil Daihatsu Xenia warna putih parkir di depan Alfamart.  Dari mobil tersebut, turun tiga laki-laki dan langsung masuk ke dalam Alfamart.
Begitu ketiga orang pelaku masuk kedalam, mereka langsung mengancam dua karyawan yang sedang bertugas ini dengan menggunakan pisau dan parang. Salah seorang pelaku kemudian menyuruh menunjukan tempat brankas disimpan. “Mereka semuanya memakai cadar dan langsung mengancam dua karyawan yang ada di dalam. Karena takut dengan ancaman pelaku, mereka menunjukkan tempat brankas disimpan dan membukanya,” papar Imron.
Di dalam brangkas tersebut, pelaku mendapatkan uang tunai sebanyak Rp 12 juta.  Setelah itu ketiganya juga mengambil uang yang berada di tempat kasir sebesar Rp 700.000 serta beberapa rokok dan barang lain. Merasa belum puas, Tab 2 Samsung layar 7 inci dan ponsel BlackBerry 8230 milik kedua karyawan ini diambil. Sebelum pelaku kabur, pelaku menyekap dua orang karyawan terlebih dahulu di ruang belakang. Tangan dan kaki kedua karyawan diikat dengan menggunakan tali rafia.
Setelah mengikat dua orang karyawan ketiga pelaku inipun akhirnya kabur. “Tak berapa lama setelah pelaku kabur, dua karyawan inipun berhasil melepaskan tali ikatannya dan langsung melaporkan kejadian itu kepada kami,” tutur perwira pertama dengan dua balok di pundaknya tersebut. Sedangkan saat ini, petugas sudah mengambil rekaman CCTV Alfamart, untuk mengungkap para pelakunya. (big/mar)