Gondol Tembakau Pakai Gerobak Sampah

PAKIS - Sajin, 58 tahun warga Dusun Gedang Sewu, Desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis nekat menggondol 25 kilogram tembakau milik pabrik rokok, tempat dia bekerja. Pria yang bekerja di bagian umum PR Sejahtera Abadi, Pakis itu membawa tembakau itu dengan gerobak sampah pada Sabtu (22/3) lalu.
Atas kejadian itu, Bagian personalia perusahaannya yakni Murjoko, 50 tahun melaporkan kejadian itu ke Polsek Pakis.
“Dari pengaduan awal pihak perwakilan perusahaan, petugas kemudian meminta keterangan saksi-saksi. Termasuk, terhadap tersangka pun diminta keterangan untuk memastikan tuduhan tersebut. Dari hasil pemeriksaan itulah, akhirnya Sajin mengakui perbuatannya,” terang Kapolsek Pakis, AKP Hery Purwanto.
Sajin menjelaskan, pada Kamis (20/3) siang atau dua hari sebelum aksi pencurian, dirinya lebih dahulu melihat situasi perusahaan. Saat ada kesempatan itulah, kemudian satu karung tembakau di bawanya keluar gudang. Untuk menghilangkan kecurigaan satpam, karung itu ditaruhnya di belakang gudang.
“Tembakau itu saya sembunyikan dahulu,” paparnya.
Baru pada Sabtunya, tambah kakek dua cucu itu, dirinya memanfaatkan gerobak sampah untuk membawa karung keluar perusahaan. Karena dirinya bekerja sebagai bagian umum, pekerjaan membuang sampah di sekitar perusahaan ke lokasi sampah di luar gedung perusahaan menjadi bagian tugasnya. Modus itulah, yang kemudian dijalaninya untuk memudahkan membawa karung berisi tembakau ke rumahnya.
“Saat membawa gerobak keluar perusahaan, saya tidak sadar ada yang mengetahui perbuatan itu. Makanya, kemudian dilaporkan kepada perusahaan,” ungkapnya.
Ditanya mengenai rencana tembakau itu diambilnya, Sajin menjelaskan, akan dibuatnya rokok lintingan tangan. Selanjutnya, kalau pun laku akan dijualnya ke tetangga di sisi rumah. “Ya mau saya rokok sendiri. Tapi kalau laku, ya saya jual,” tambahnya sambil mengatakan khilaf. (sit/aim)