Rampok Indomaret Beraksi Lagi

MALANG - Untuk kesekian kalinya, perampok berpistol menyatroni Indomaret di Kota Malang. Dini hari kemarin, sekitar pukul 04.15, dua perampok mengambil uang Rp 12,2 juta dari Indomaret Griyashanta yang ada di Jalan Soekarno Hatta Malang.
Dua penjaganya, Fery Setiawan, 23 tahun dan Kusfa Dila, 22 tahun, tidak bisa berkata apa-apa saat para pelaku menodongkan pistol. Menurut mereka, kedua pelaku yang naik motor Suzuki Thunder ini, hanya beraksi sekitar lima menit. 
‘’Begitu masuk ke dalam toko, mereka menodong Fery yang menjaga di kasir,’’ ungkap Kusfa. Saat kejadian, dia sendiri sedang memeriksa barang-barang di gudang belakang. Beberapa detik setelah kedua pelaku yang mengenakan masker dan helm ini masuk, para penjaga toko itu tidak mengira akan mengalami musibah ini. ‘’Kami pikir mereka hanyalah pembeli biasa. Tapi kami kaget ketika langsung ditodong pistol,’’ tambahnya.
Kepada para karyawan toko ini, mereka hanya mengucapkan kata brankas. ‘’Tidak ada kata-kata lain. Hanya brankas sambil tetap menodongkan pistol. Itu saja sehingga kami langsung menunjukkan lokasi brankas yang ada di ruangan belakang,’’ papar Kusfa.
Saking takutnya, Kusfa dan Fery ikut membukakan pintu brankas dan mengambil uang Rp 12,2 juta yang ada di dalamnya. Kepada petugas, kedua karyawan ini mengaku tidak tahu apakah pistol yang digunakan adalah asli atau palsu.
Namun yang mereka tahu, setelah mengambil uang itu, kedua perampok kabur dengan naik motornya yang mesin masih dalam keadaan menyala menuju arah utara. Masih menurut dia, seorang pelaku berbadan gemuk dan seorang lagi bertubuh kurus.
Kepada wartawan, Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan SH menerangkan polisi sudah memeriksa saksi-saksi dan melakukan olah TKP di lokasi kejadian. Namun pihaknya masih belum mengetahui dari kelompok mana pelakunya.
‘’Anggota Satreskrim Polres Malang Kota  sudah meminta rekaman CCTV yang ada di TKP. Paling tidak, dari CCTV ini akan memberi petunjuk para pelakunya,’’ ujarnya.
Salah satu sumber Malang Post di Polres Malang Kota, dari hasil rekaman CCTV itu, diakui bila pelaku yang beraksi dini hari kemarin sama dengan pelaku yang melakukan perampokan di beberapa toko Indomaret sebelumnya. Seperti Indomaret Jalan Tlogomas, Indomaret Jalan Sarangan, Indomaret Jalan S Supriyadi dan Indomaret di wilayah Kabupaten Malang. (mar)