Tidak Dijaga, SMPN 3 Sumberbening Dikuras Pencuri

BANTUR – Untuk kesekian kalinya, lembaga pendidikan sekolah menjadi sasaran aksi pencurian, Selasa (8/4) dini hari lalu. Kali ini yang menjadi sasaran pelaku adalah SMP Negeri 3 Sumberbening Kecamatan Bantur. Pelaku yang diperkirakan lebih dari seorang, berhasil membawa kabur beberapa barang berharga senilai sekitar Rp 39 juta.
Diantaranya adalah, satu buah keyboard merek Yamaha PSR, satu buah LCD proyektor merek Acer, empat buah monitor serta delapan unit CPU, serta uang dalam laci meja sebesar Rp 136 ribu. Semua barang diambil dalam ruang guru dan laboratorium computer.
“Untuk pelakunya masih kami lakukan penyelidikan. Kami masih meminta keterangan beberapa saksi untuk mengungkap pelakunya,” ungkap Kanitreskrim Polsek Bantur, Aiptu Anjis.
Informasi yang diperoleh, aksi pencurian diperkirakan terjadi sekitar pukul 02.00. Saat kejadian kondisi sekolah sepi tidak ada yang menjaga. Pelaku beraksi mencuri dengan cara mencongkel jendela belakang. Setelah jendela dibuka, pelaku kemudian masuk dan mengambil beberapa barang berharga.
Begitu mendapatkan barang yang diincar, pelaku lantas kabur lewat jalan semula. Aksi pencurian tersebut baru diketahui Selasa pagi sekitar pukul 06.30 saat ruangan dibuka oleh Imam Safii, penjaga sekolah. Melihat kondisi ruangan berantakan dan yakin bahwa baru saja kemalingan, saksi lalu melaporkan kejadian ke kepala sekolah yang selanjutnya diteruskan ke petugas Polsek Bantur.
Polisi yang mendapat laporan, segera mendatangi lokasi yang kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Beberapa barang bukti diamankan sebagai bahan penyelidikan.
Sementara itu, aksi pencurian di lembaga sekolah ini sudah beberapa kali terjadi di wilayah Kabupaten Malang. Namun polisi masih kesulitan untuk mengungkap pelakunya. Selain minim saksi, juga minimnya bukti yang bisa mengarah kepada pelakunya.(agp/aim)