Divonis Bebas, Muji Sujud Syukur

Muji Mulyo ketika menjalani sidang di PN Kepanjen.

Pelanggaran Pemilu
MALANG– Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Malang dari PKB Dapil V, H.M Muji Mulyo S.Sos MM akhirnya bisa bernafas lega. Ketua majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Malang, Heru Wibowo Sukaten SH dinyatakan bebas setelah tidak terbukti bersalah melakukan pelanggaran tindak pidana pemilu. Padahal sebelumnya, dua Jaksa Penuntut Umum (JPU), Juni Ratnasari SH dan Lisdiati SH, menuntut hukuman dua bulan penjara serta denda sebesar Rp 10 juta.
Atas vonis bebas tersebut, Muji bersama para pendukung yang ikut menyaksikan persidangan langsung bergembira. Mereka saling peluk dan langsung sujud syukur di dalam ruang sidang. Bahkan, Muji yang sebelumnya terlihat tegang, langsung tersenyum lebar. “Alhamdulillah saya akhirnya bisa bebas. Karena memang saya sama sekali tidak melakukan pelanggaran pidana pemilu,” katanya.
Terkait dengan putusan bebas yang dijatuhkan kepada Muji Mulyo, kedua JPU menyatakan akan mengajukan banding. “Kami akan mengajukan banding,” ujar Juni. Seperti diberitakan sebelumnya, Muji Mulyo diketahui melakukan kampanye pada 9 Maret 2014 di Masjid Roudlotul Muslimin, Dusun Salamrejo, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo sekitar pukul 10.15. Saat itu, dia membagikan contoh surat suara kepada sekitar 150 jamaah.  
Kemudian saksi Siti Zaenab memberi pengarahan kepada jamaah cara mencoblos surat suara yang diarahkan ke nomor urut 4. Atas temuan tersebut, Panwaslu Kabupaten Malang lalu melaporkan ke Polres Malang. Setelah dilakukan pemeriksaan, berkasnya langsung dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kepanjen. Senin (7/4) lalu, Muji menjalani sidang pertama. Kemudian sidang lanjutan pada Selasa pembacaan tuntutan dan kemarin pembacaan putusan. (agp/mar)