DPO Dua Tahun Dibekuk

MALANG - Pelarian Winarto selama dua tahun, berakhir sudah. Pria berusia 38 tahun tersebut dini hari kemarin berhasil dibekuk petugas Buser Polres Malang. Warga Dusun Baran Desa Ngingit, Kecamatan Tumpang ini ditangkap karena kasus pencurian yang terjadi Mei 2012 lalu.
Saat itu tersangka bersama Hasim, melakukan pencurian cabe milik Suhari, 48 tahun, warga Dusun Keden Desa Argosuko Kecamatan Poncokusumo, yang terletak dekat balai desa. Bapak tiga anak ini mencuri cabe sebanyak 20 kilogram. Hasim temannya berhasil ditangkap beberapa hari setelah kejadian dan sudah menjalani hukuman. Sedangkan Winarto baru dini hari kemarin diamankan.
"Tersangka sudah lama kami cari, namun dia selalu lolos ketika akan disergap. Baru dini hari tadi (kemarin, red) ketika ada informasi tersangka berada di rumah, langsung kami amankan," ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman SIK.
Mantan tenaga pendidik (Gadik) SPN Brimob Polda Jatim, menambahkan bahwa sebelumnya tersangka Winarto ini, pada 2009 lalu, pernah ditahan karena kasus pencurian yang sama. Dia ditahan selama setahun. Tetapi jeratan hukuman tersebut tidak membuatnya jera.
Sementara itu, aksi pencurian yang dilakukan Winarto bersama Hasim terjadi sekitar pukul 21.30. Mereka mencuri cabe dengan memetik yang kemudian dimasukkan ke dalam dua karung plastik. Ketika terkumpul banyak, cabe curian tersebut dipanggul hendak dinaikkan motor.
Ketika itulah, aksi keduanya dipergoki oleh warga sekitar yang kemudian berteriak maling. Mereka yang ketakutan lalu kabur dan meninggalkan sepeda motor. Berdasarkan petunjuk sepeda motor itulah, beberapa hari setelah kejadian berhasil menangkap Hasim. Sedangkan Winarto saat itu berhasil kabur.
“Saya mencuri karena diajak oleh Hasim. Cabe curian tersebut belum sempat kami bawa kabur karena sudah ketahuan terlebih dahulu,” tutur Winarto, bapak tiga anak ini.(agp/aim)