Hanyutkan Kayu, Miskal Ikut Hanyut di Sungai Metro

Petugas dan warga sekitar di lokasi kejadian melihat proses pencarian tubuh korban.

MALANG – Warga sekitar Sungai Metro di Desa Banjarsari Kecamatan Ngajum, siang kemarin digemparkan dengan tenggelamnya Miskal, 40 tahun di sungai tersebut. Warga Dusun Kemuning RT01 RW02 Desa Kranggan, Kecamatan Ngajum ini, hilang tenggelam saat mengangkat kayu yang dihanyutkan di sungai.
Setelah dilakukan pencarian sekitar dua jam lebih, jenazah Miskal akhirnya berhasil ditemukan tak jauh dari lokasinya jatuh. Dia diketemukan di dasar sungai terjepit batu oleh Tim SAR dibantung dengan warga sekitar. Setelah dievakuasi, jenazahnya langsung dibawa pulang ke rumah duka.
“Pihak keluarga menerima kematiannya. Usai dievakuasi jenazahnya langsung dibawa pulang ke rumah duka dan hanya dimintakan visum luar di Puskesmas Ngajum,” ungkap Kapolsek Ngajum, AKP Sri Sugeng Waskito.
Peristiwanya terjadi sekitar pukul 13.30. Siang itu korban bersama beberapa orang, dua diantaranya adalah Maskur dan Sumantri, bekerja memotong kayu sengon milik Supriadi, anggota polisi. Lokasi pemotongan di Dusun Mbeji Desa Kranggan Kecamatan Ngajum, Ada enam batang pohon yang dipotong. Lalu dibagi menjadi beberapa potong dengan ukuran sekitar dua meter.
Setelah terpotong semuanya, untuk memudahkan mengangkut, kayu tersebut dihanyutkan di Sungai Metro sejauh sekitar satu kilometer. Maskur dan beberapa pekerja lain yang bertugas menghanyutkan di sungai. Sementara korban Miskal bersama beberapa orang menghadang di sungai Desa Banjarsari.
“Saat menghadang itu ada salah satu batang kayu yang tersangkut batu. Miskal kemudian mengangkatnya untuk dihanyutkan lagi. Namun begitu kayu terangkat dan lepas, Miskal kehilangan keseimbangan lalu ikut hanyut dan tenggelam,” tutur Maskur, salah satu teman Miskal.
Mengetahui ada temannya yang tenggelam, Maskur dan teman kerja lainnya memberitahukan kepada warga dan perangkat desa. Selanjutnya meneruskan dengan melaporkan kejadian itu ke Polsek Ngajum. Kemudian petugas bersama-sama dengan warga dan Tim SAR melakukan pencarian di lokasi korban tenggelam hingga akhirnya ditemukan sudah dalam kondisi tak bernyawa.(agp/aim)