Polsek Dau Tangkap Maling Motor

DAU - Jajaran Reskrim Polsek Dau berhasil menangkap seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) Kamis (24/4) malam. Pelakunya Nurul Huda, 20 tahun, warga Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Tersangka ditangkap karena terlibat sejumlah kasus curanmor yang terjadi di Kecamatan Dau selama ini.
Dari tangan tersangka, petugas berhasil menyita sejumlah barang bukti sepeda motor Suzuki Spin nopol N 3711 GI hasil curian, STNK sepeda motor Honda Beat nopol N 4330 CCC dan sebuah HP BlackBerry Gemini 8520 beserta doos booknya. “Kasus ini sedang kami kembangkan. Karena diduga saat menjalankan aksinya, tersangka ini tidak bekerja sendiri dan beraksi lebih dari satu tempat kejadian perkara (TKP),” ujar Kapolsek Dau Kompol Zein Mawardi kepada Malang Post kemarin.
Zein menjelaskan, tersangka terlibat pencurian sepeda motor dengan TKP Jalan Delima Desa Mulyoagung Kecamatan Dau pada 13 April 2014 lalu. Korbannya adalah Agus Mulyadi, 22 tahun, mahasiswa. Saat itu, korban melaporkan kejadian pencurian motor yang dialaminya ke Mapolsek Dau. Berdasarkan laporan tersebut, petugas melakukan penyelidikan dan mengintensifkan patroli.
Saat dilakukan patroli di sekitar Desa Landungsari pada Kamis (24/4) malam, petugas mendapati ciri-ciri sepeda motor yang dilaporkan hilang korban dikendarai tersangka. Petugas pun langsung menghentikan laju kendaraan tersangka untuk diperiksa. “Setelah diperiksa oleh anggota kami, ternyata benar. Sepeda motor trersebut merupakan hasil curian yang dilaporkan oleh korban  Agus Mulyadi,” terang perwira menengah (Pamen) dengan satu melati di pundaknya tersebut.
Karena tidak bisa menunjukan bukti kepemilikan sepeda motor tersebut, otomatis pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Dau untuk dijebloskan ke dalam sel. “Tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan yang anacaman hukumannya adalah lima tahun penjara,” terangnya.
Di hadapan penyidik yang memeriksanya, tersangka baru sekali melakukan aksi kejahatan. Sedangkan di Malang, tersangka mengaku bekerja sebagai kuli bangunan. “Saya mencuri sepeda motor itu sendirian dengan membandrek kuncinya, Rencananya sepeda motor itu mau saya jual untuk membayar utang dan sisanya dibuat untuk pulang ke Situbondo,”  kilah tersangka. (big/lim)